Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Okt 2019 17:36 WIB

Puncak Inklusi Keuangan 2019, 20 Agustus Jadi Hari Indonesia Menabung

Uji Sukma Medianti - detikFinance
Foto: Uji Sukma Medianti Foto: Uji Sukma Medianti
Jakarta - Sebagai puncak perayaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2019 yang jatuh tiap bulan Oktober, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar serangkaian acara. Puncaknya pada Sabtu (19/10/2019), dicanangkan Sinergi Aksi Indonesia Menabung.

OJK menggandeng Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) serta Lembaga Jasa Keuangan (LJK) guna menyukseskan aksi ini.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida menuturkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2019, 20 Agustus 2019 ditetapkan sebagai Hari Indonesia Menabung. Tanggal 20 Agustus dipilih karena merupakan tanggal yang penting.



Sebab pada 20 Agustus 1971, pemerintah melakukan kampanye gerakan menabung melalui Tabanas (Tabungan Pembangunan Nasional) dan Taska (Tabungan Asuransi Berjangka) secara nasional.

"Sebagai langkah nyata Keputusan Presiden tersebut, pada hari ini, OJK dan BI beserta lembaga jasa keuangan akan menyelenggarakan sinergi akasi Indonesia menabung," kata Nurhaida, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (19/20/2019).


Dengan sinergi ini, Nurhaida mengharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menabung untuk masa depan bisa meningkat.

"Menabung bukan hanya dalam bentuk uang, tetapi dapat berupa tabungan emas, saham atau reksa dana juga investasi dalam bentuk yang lain," tuturnya.

Ke depan, masih kata Nurhaida, sinergi aksi Indonesia menabung ini akan berusaha mewujudkan kepemilikan rekening oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya melalui program One Student One Account. Dengan begitu, diharapkan setiap pelajar di Indonesia memiliki rekening tabungan.

Simak Video "Tips Anti Kalap Hadapi Promo 12.12 Harbolnas"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com