Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Okt 2019 11:57 WIB

Jumlah Eselon Mau Dipangkas Jokowi, Ini Aturan Jabatan PNS

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merampingkan jumlah eselon menjadi dua level. Langkah ini sebagai cara untuk menyederhanakan birokrasi sehingga mendorong investasi dan membuka lapangan kerja.

Terkait eselon, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, istilah itu nantinya tidak akan dipakai lagi. Lantaran, tidak termuat dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Jadi istilah eselonisasi itu di UU 5 Tahun 2014 tentang Apartur Sipil Negara memang sudah tidak dipakai. Nantinya, akan menjadi hanya kelas jabatan saja," katanya kepada detikcom Minggu malam (20/10/2019).


Seperti dikutip detikcom, jabatan ASN dimuat pada Bab V bagian pertama undang-undang tersebut. Dalam Pasal 13, jabatan ASN terbagi menjadi 3 yakni (a) jabatan administrasi, (b) jabatan fungsional, dan (c) jabatan pimpinan tinggi.

Di bagian kedua Pasal 14 jabatan administrasi dibagi lagi menjadi 3 yakni (a) jabatan administrator, (b) jabatan pengawas, dan (c) jabatan pelaksana.

Di pasal 15 ayat 1 dijelaskan jabatan administrator sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 huruf a bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Lalu pada ayat 2 disebutkan, pejabat dalam jabatan pengawas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 huruf b bertanggung jawab mengendalikan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pelaksana.

Serta, Pasal 15 ayat 3 disebutkan pejabat dalam jabatan pelaksana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 huruf c bertanggung jawab melaksanakan kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

"Setiap jabatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ditetapkan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan," bunyi Pasal 16. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com