Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Okt 2019 10:55 WIB

Susi Tak Lagi Jadi Menteri, Apa Kabar Reklamasi Teluk Benoa?

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Jakarta - Kawasan Teluk Benoa telah ditetapkan eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti sebagai kawasan konservasi sehingga tak bisa direklamasi. Namun Susi sudah tak lagi menjadi menteri dan digantikan oleh Edhy Prabowo.

Gubernur Bali Wayan Koster yang turut menyuarakan penolakan reklamasi Teluk Benoa, menaruh harapan besar terhadap Edhy. Dia yakin Edhy akan tetap menolak reklamasi di Teluk Benoa.

"Pertama posisi menteri itu hak prerogratif presiden siapapun yang ditugaskan di posisi manapun harus kita hormati bersama. Soal komitmennya kita serahkan kepada beliau sesuai apa yang berjalan seperti ini," kata Koster usai memimpin upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-91 di Lapangan Niti Mandala Renon, Jl Raya Puputan, Denpasar, Bali, Senin (28/10/2019).


Aturan yang diteken Susi nomor 46/KEPMEN-KP/2019 menjadikan Teluk Benoa sebagai kawasan konservasi maritim sehingga kegiatan reklamasi yang berpotensi merusak alam pun tidak bisa dilakukan. Koster yakin pencabutan keputusan menteri yang diteken Susi bisa dengan mudah dicabut.

"Ya (harapannya Teluk Benoa tak bisa direklamasi). Saya kira nggak mudah itu (mencabut kepmen)," jawabnya.

Sebagai informasi, aturan kawasan konservatif tersebut tidak sesuai dengan rencana Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman hingga berpolemik. Sementara itu, Edhy mengaku bakal mengkaji terkait aturan tersebut.


"Semua yang terjadi di internal kita akan saya bongkar. Akan saya lihat, kami tidak bisa gegabah dalam kebijakan nasional, kebijakan ini bicara orang banyak," papar dia di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Rabu (23/10).

Simak Video "Menteri KKP Blusukan Perdana ke Muara Angke"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com