Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 11:55 WIB

Berkat Internet Ibu-ibu Bisa Jadi Pengusaha

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Diskusi Teknologi Bisnis (Vadhia Lidyana/detikFinance) Foto: Diskusi Teknologi Bisnis (Vadhia Lidyana/detikFinance)
Jakarta - Co-Founder & CEO Tokopedia, William Tanuwijaya klaim dengan platform digitalnya bisa mewujudkan cita-cita seorang ibu rumah tangga dalam mempertahankan karirnya.

"Contohnya banyak pengusaha Tokopedia itu ibu rumah tangga. Tadinya seorang ibu rumah tangga yang punya pekerjaan tetap, harus memilih antara karir atau keluarga. Sekarang dengan Tokopedia keduanya bisa terjangkau. Hal seperti itu terwujud," kata William dalam Festival Transformasi 2019, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Selain itu, William memaparkan bahwa 86,5% pelapak di Tokopedia merupakan pengusaha baru. Sehingga, lapaknya di Tokopedia merupakan bisnis pertamanya. Perlu diketahui, kini Tokopedia memiliki 6,5 juta pelapak.

"Tokopedia saat ini sudah 6,5 juta penjual. Menariknya 86,5% mereka itu belum punya bisnis sebelumnya. Jadi bisnis pertama mereka di Tokopedia, jadi mereka pengusaha baru," tutur William.


Namun, William mengatakan, jalan Tokopedia untuk merambah pelaku bisnis atau pun UMKM di Indonesia masih jauh. Pasalnya, dengan total 60 juta UMKM di Indonesia, masih sebagian kecil yang sudah merambah ekonomi digital.

"Contohnya dengan 6,5 juta penjual tersebut, kita tahu Indonesia ini ada 60 juta pelaku UMKM, itu artinya masih sedikit UMKM yang sudah menggunakan platform teknologi.

Maka kami merasa cita-cita kami untuk mewujudkan gebrakan ekonomi secara digital itu masih jauh," paparnya.


Meski begitu, William juga mengatakan bahwa saat ini nilai transaksi Tokopedia sudah mencakup 1,5% dari PDB Indonesia. Ia mengungkapkan, transaksi per bulan di Tokopedia di atas Rp 14 triliun.

Ia memprediksi, transaksi Tokopedia tahun ini mencapai US$ 15,9 miliar atau setara Rp 222 triliun. Angka itu naik tiga lipat dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 73 triliun.

"Saat ini transaksi Tokopedia sudah di atas Rp Rp 14 triliun per bulan. Dan tahun kami memprediksi sebesar US$ 15,9 miliar atau Rp 222 triliun. Kontribusi kami terhadap perekonomian Indonesia sekitar 1,5%," jelas dia.

Simak Video "Dengan Teknologi, Tokopedia Buka Jalan Menuju Tanah Suci"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com