Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 15:37 WIB

Canda Sri Mulyani Merasa Terancam Nadiem Jadi Menteri

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Edi Wahyono Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa ia sempat merasa terusik ketika mantan bos Gojek Nadiem Makarim diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) periode 2019-2024.

"Ada menteri yang usianya 35 tahun (nadiem Makarim). Saya berdiri disumpah menjadi menteri, di sebelah menteri yang masih so young buat saya adalah seperti mengusik," kata Sri Mulyani dalam Festival Transformasi 2019, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Kehadiran Nadiem membuat Sri Mulyani merasa tersudut. Mengapa hal tersebut membuatnya merasa seperti itu?


Menurut Sri mulyani, Nadiem yang baru berusia 35 tahun dan sudah menjadi menteri pasti memiliki sejumlah ide-ide yang akan diimplementasikannya selama menjabat dalam Kabinet Indonesia Maju. Hal tersebut membuat Sri Mulyani tak bisa santai meski sudah menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak 5 tahun yang lalu.

Dalam konteks ini, Sri Mulyani mengajak jajarannya melakukan inovasi, memberikan gebrakan dalam menjalankan tugas-tugas sebagai pengelola keuangan negara.

"Kala itu mengingatkan saya, mengingatkan internal Kementerian Keuangan. Jadi jangan pernah Anda merasa bahwa Anda punya menteri yang sama, dan Wamennya dari dalam, Anda akan tenang saja. Karena dari situ saya berdiri di sebelah Nadiem, saya merasa tersudut. You better change atau Anda punah, seperti dinosaurus. Kalau tidak berubah, Anda akan punah," jelas dia.


Meski begitu, Sri Mulyani mengatakan, ia sempat berbincang dengan Nadiem. Menurutnya, perbincangannya tersebut membuatnya sadar bahwa dirinya perlu melakukan berbagai inovasi.

"Saya baru ngobrol sama Nadiem and then I realized that I'm so old now. Tapi itu jadi reminder, dan kita diskusi banyak, membuat saya sadar bahwa perubahan itu suatu keniscayaan," pungkas Sri Mulyani.

Simak Video "Ditawari Jadi Menteri, Nadiem Bahas Ini Bareng Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com