Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 11:16 WIB

Wow! Belanja Online di Alibaba Tembus Rp 168 T Dalam 1 Jam!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Xinhuanet Ilustrasi/Foto: Xinhuanet
Jakarta - Raksasa e-commerce China, Alibaba mengatakan pada Senin (11/11/2019) bahwa dalam satu jam pertama, penjualan untuk festival belanja Singles Day (11/11) mencapai 84 miliar yuan (setara US$ 12 miliar atau sekitar Rp 168 triliun). Acara festival belanja Singles Day sendiri dibuka tepat pukul 00.00 waktu setempat.

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, angka penjualan tahun ini meningkat sekitar 22%. Pada hari Singles Day tahun lalu, pendapatan Alibaba dalam satu jam pertama sebesar 69 miliar yuan atau sekitar Rp 138 triliun. Sedangkan untuk penjualan total Alibaba melalui platformnya selama festival Singles Day mencapai nilai $ 30 miliar atau sekitar Rp 420 triliun.

Melansir dari CNBC, Senin (11/11/2019), Berdasarkan keterangan Alibaba, nilai penjualan mencapai angka US$ 1 miliar pada satu menit delapan detik pertama setelah dibukanya acara tersebut. Raksasa e-commerce yang didirikan oleh Jack Ma ini memulai acaranya dengan pertunjukan oleh bintang pop Amerika Taylor Swift dan selebriti lokal seperti Jackson Yee.



Tahun ini merupakan pertama kalinya Hari Singles Day Alibaba tanpa Jack Ma yang telah mengundurkan diri pada bulan September lalu. Meski demikian Alibaba terus mendominasi industri belanja online.

Di China, kini festival belanja Singles Day tidak hanya dirayakan oleh Alibaba seorang. Saingannya JD.com dan e-commerce startup Pinduoduo ikut memeriahkan persaingan pasar retail online.

Sebagai catatan, Festival Singles Day atau lebih dikenal dengan istilah 'Double Eleven' ini, merupakan festival belanja online di China yang pertama kali dipromosikan oleh Ketua dan CEO Alibaba Daniel Zhang sejak 2009. Di Indonesia sendiri, dengan tanggal yang sama (11/11) merayakan festival belanja online dengan nama harbolnas (hari belanja online nasional).



Simak Video "Petani Kini Bisa Jualan Hasil Buminya di Harbolnas"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com