Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 11:58 WIB

AS Klaim Sumbang Investasi Terbesar ke Indonesia

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Kumpul Investor AS di Jakarta (Anisa Indraini/detikcom) Foto: Kumpul Investor AS di Jakarta (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta - AmCham Indonesia dan Kamar Dagang Amerika Serikat (AS) telah mengeluarkan laporan terbaru yang menyebut Amerika Serikat saat ini menjadi penyumbang utama investasi asing langsung (FDI) ke Indonesia.

Laporan tersebut menyebutkan, sejumlah perusahaan AS menanamkan investasi sedikitnya US$ 38,7 miliar atau Rp 541,8 triliun sejak 2013-2017 di Indonesia. Angka tersebut hampir lima kali lipat lebih tinggi dari angka resmi pemerintah yang sebesar US$ 7,78 miliar.

Direktur Pelaksana AmCham Indonesia Lin Neumann mengatakan, angka ini menunjukkan AS sebagai sumber utama FDI ke Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, melampaui negara lain seperti Singapura, Jepang, Inggris, dan China.

"Terkadang mudah untuk mengecilkan peran yang sangat penting yang dimainkan AS di Indonesia selama beberapa dekade. Itulah sebabnya kami melihat dari dekat angka-angka dan cara penghitungannya," ujarnya di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (21/11/2019).
Dia mengatakan, skala investasi AS di Indonesia tidak terlihat dari angka-angka resmi yang dikeluarkan pemerintah. Hal ini karena tidak mencakup sektor hulu migas, yang secara tradisional menjadi salah satu tujuan utama untuk ibu kota AS.

"Kami sekali lagi menemukan bahwa AS kemungkinan merupakan sumber FDI terbesar untuk Indonesia," kata Lin.
Menurutnya, perusahaan-perusahaan Amerika beperan besar dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Perusahaan seperti Sampoerna (Philip Morris) dan Cargill berhasil mendidik petani lokal untuk meningkatkan produktivitas. Tidak hanya itu, lembaga pemeringkat AS menyatakan bahwa dirinya yang telah menghubungkan Indonesia dengan pelaku pasar Internasional di luar negeri.

Simak Video "Drama Pengejaran Perampok Perhiasan Disertai Penyanderaan di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com