Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 25 Nov 2019 20:36 WIB

Wamendag: RI Akan Tingkatkan Ekspor Nanas ke AS

Mega Putra Ratya - detikFinance
Istimewa
Jakarta - Wamendag Jerry Sambuaga melakukan pertemuan dengan Acting Deputy Under Secretary for International Trade U.S. Department of Commerce, Diane Farrell di Washington DC, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu, kedua negara membahas isu perdagangan bilateral, khususnya perdagangan produk-produk pertanian.

"Indonesia mencoba meningkatkan ekspor hortikultura, salah satunya, nanas ke AS, sedangkan AS ingin mengekspor dairy products, salah satunya, susu ke Indonesia," ujar Jerry dalam keterangannya, Senin (25/11/2019).


Jerry mengatakan Indonesia juga akan fokus untuk mengekspor produk-produk ke Amerika Serikat, salah satunya baja, tekstil dan furniture.

"Indonesia mencoba untuk meningkatkan ekspor dengan meminta pengecualian kenaikan tarif 25% untuk produk baja, ekspor tekstil dan furniture," jelasnya.

Pertemuan tersebut juga membahas pemberian fasilitas bebas bea masuk ke Amerika Serikat atau Generalized System of Preferences (GSP).

"Amerika Serikat dapat memberikan respon positif atas upaya yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia dalam rangka GSP Country Practices Reviews. Pada tahun 2018, ekspor Indonesia ke Amerika Serikat yang menggunakan fasilitas GSP mencapai USD 2 Miliar dan diperkirakan meningkat pada tahun 2019," jelas Jerry.

Simak Video "Politisi Golkar Jerry Sambuaga Ditunjuk Jadi Wamendag"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com