KPK: Penghambat Utama Investasi di RI Adalah Korupsi

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 11 Des 2019 15:48 WIB
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyebut penghambat utama investasi di Indonesia adalah korupsi. Dia bilang, jika ingin membuat iklim investasi yang sehat maka korupsi harus diberantas.

"Penghambat utama investasi di Indonesia itu adalah korupsi. Kalau mau ingin meningkatkan investasi itu harus kita betul-betul benahi, karena kalau kita ingin melihat iklim investasi sehat salah satunya itu yang kita harus tangani itu adalah korupsinya," kata Laode di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).


Laode menjelaskan, salah satu tindakan korupsi yang bisa menghambat investasi adalah pejabat publik yang masih suka meminta biaya tambahan.

"Kadang dilama-lamain seperti itu, sehingga mereka menganggap bahwa itu sebagai hambatan utama," pungkasnya.


Lebih lanjut, Laode bilang, dunia usaha sangat suka berinvestasi jika memiliki kejelasan. Ia mengatakan bahwa Arab Saudi mau mengembangkan kawasan industri bebas korupsi untuk menarik minta investor asing.

"Bukan cuma baru sekarang dibicarakan. Ini nanti teman dari Saudi Arabia ini mereka mau mengembangkan satu kawasan industri yang baru untuk investasi. Mereka juga bahkan di situ itu mereka membuat peraturan baru, zero corruption sehingga untuk meng-attract investor dari luar negeri," sebutnya.

Simak Video "KPK Periksa 3 Eks Anggota DPRD Jambi Sebagai Tersangka Suap"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)