Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Des 2019 19:00 WIB

Edhy Prabowo Putar Otak Salurkan Kapal Eks Asing

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo/Foto: Pradita Utama Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo tak akan meneruskan kebijakan pendahulunya, Susi Pudjiastui, yang kerap menenggelamkan kapal ikan asing ilegal. Edhy pun kini sedang putar otak alias berpikir ke mana saja kapal-kapal tersebut akan disalurkan.

Beberapa opsi pemanfaatan sedang dipertimbangkan. Mulai diberikan ke lembaga pendidikan, diberikan kepada BUMN, ataupun dipakai kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Belum ini kan masih proses lagi kan, ini masih kita pelajari, apakah kita nanti ke BUMN apakah nanti kita kasih ke lembaga pendidikan untuk dipakai belajar. Ataupun mungkin kita kasih ke KKP atau mungkin siapa," kata Edhy, ditemui di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).


Pertimbangan matang diperlukan agar kapal-kapal tersebut jatuh ke pihak-pihak yang malah ingin menjualnya. Edhy menambahkan saat ini kapal-kapal itu sedang diuji kelayakannya untuk dipakai berlayar.

"Lalu ini kapalnya layak nggak? Koperasi sudah ada yang mengusulkan untuk menerima, tapi yang paling penting kita harus pastikan kapal tersebut bisa jalan atau nggak. Jadi kita lihat sejauh mana bisa dimanfaatkan," tutur politkus Partai Gerindra itu.

Terakhir Edhy mengatakan saat ini beberapa kapal-kapal asing ilegal itu sudah sudah didata, dan ada yang masih bagus.

"Kan itu secara prinsip kapal itu sudah ada tinggal mau diarahkan ke mana. Tapi kalau kita data, dari 72 kapal, 46 unit itu salah satunya di Batam itu, ada 29 itu masih dalam posisi bagus," terang Edhy.



Simak Video "Blak-blakan Edhy Prabowo: Saya Akan Buat Jokowi Bangga"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com