Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 15 Des 2019 19:50 WIB

Strategi Edhy Prabowo Jaga Stok Benih Lobster Meski Buka Ekspor

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Strategi Edhy Prabowo Jaga Stok Benih Lobster Meski Buka Ekspor Foto: Rifkianto Nugroho Strategi Edhy Prabowo Jaga Stok Benih Lobster Meski Buka Ekspor Foto: Rifkianto Nugroho
Sleman - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo memiliki langkah agar populasi benih lobster tetap terjaga meski larangan ekspor benih dibuka. Hal itu dengan upaya pembesaran lobster dan setiap 2,5-5 persen dari jumlah lobster yang dibesarkan harus dikembalikan ke laut.

"Kalau masyarakat ambil bibit (benih lobster untuk diekspor) terus, orang kan takut nanto kalau diambil terus benihnya bisa habis, iya betul, kalau logikanya seperti itu," ucapnya saat di Balairung UGM, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Minggu (15/12/2019).

"Makanya, nanti setiap pembesaran itu (benih lobster) diwajibkan mengembalikan lagi ke alam," imbuh Edhy.


Hal itu berkaca dari fakta di lapangan. Di mana pembesaran lobster yang terjadi di alam tidak pernah lebih dari 1 persen dari populasi anak atau benih lobster yang ada.

"Nah, kita wajibkan saja si pembesar (lobster) ini 5 persen sampai 2,5 persen (hasil lobster yang dibesarkan) masukin lagi ke alam, khususnya saat usia lobster sudah siap dilepas ke laut," ucapnya.

"Kalau dikembalikan 2,5 persen saja kan sudah bisa menjawab, pertumbuhannya kan ada dari tidak sampai 1 persen dan sekarang ada 2,5 persen. Nah, ini yang saya pikir mencari jalan tengah, mencari jalan keluar," sambung Edhy.


Menyoal polemik yang terus bermunculan terkait rencana tersebut, Edhy meminta agar pihak yang menolak untuk menyampaikan langsung alasan penolakan kepada pihaknya. Menurutnya, hal itu untuk menemukan jalan tengah menyikapi polemik tersebut.

"Tidak usah kita berkeras-keras, kalau ada yang keberatan kasih tahu di mana masalahnya, apa yang harus kita lakukan. Tapi tidak bisa kita mau keras-kerasan, hebat-hebatan, kuat-kuatan, tidak bisa. Karena untuk mengelola negeri ini harus mendengar semua suara (masyarakat dan pihak-pihak terkait)," ucap Edhy.

Simak Video "Edhy Prabowo: Ada Masyarakat Lapar Karena Pelarangan Bibit Lobster"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com