Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Des 2019 06:30 WIB

Plus-Minus Munculnya Ojol Rusia Penantang Grab-Gojek

Anisa Indraini - detikFinance
Plus-Minus Munculnya Ojol Rusia Penantang Grab-Gojek. Foto: Dok. Maxim
Jakarta - Belakangan ini ojek online (ojol) tengah digegerkan oleh kemunculan Maxim. Pasalnya, mereka menerapkan tarif di bawah ketentuan yang sudah ditetapkan Kementerian Perhubungan sebagai regulator.

Namun sebetulnya, Maxim sudah ada sejak 2003. Namun dulunya hanya sebuah layanan aplikasi taksi di kota Chardinsk yang terletak di Pegunungan Ural, Rusia.

Di Indonesia sendiri, Maxim membuka cabang pada 2018 lalu. Perusahaannya semakin melebarkan sayap dengan tidak hanya menjadi perusahaan transportasi online yang fokus ke taksi, melainkan juga jenis layanan angkutan lain seperti ojek atau mobil pada umumnya.

Lantas, apa untung yang didapat dari keberadaan ojol baru pesaing Gojek-Grab seperti Maxim di Indonesia?

Kini Maxim berencana ekspansi ke tiga kota baru, setelah beroperasi di 17 kota di Indonesia. Saat ini 'si kuning' tersebut telah beroperasi di Jakarta, Pekanbaru, Batam, Surakarta, Samarinda, Banjarmasin, dan Balikpapan. Selain Indonesia, Maxim juga sudah ada di Malaysia dan berencana masuk Vietnam.

"Jakarta memang kota pertama yang kami kembangkan, dan masih ada tiga kota lainnya yang akan kami kembangkan," kata Development Manager Maxim Indonesia Imam Mutamad.

Imam mengatakan, Maxim akan memperluas layanannya terutama di daerah-daerah. Menurutnya, masih ada 50 juta orang yang belum terlayani layanan ride hailing. Di daerah selain Jakarta juga dinilai memiliki peluang yang besar, terutama yang belum maksimal tergarap sebelumnya.

Ia pun menegaskan pihaknya tidak akan masuk ke bisnis pengantaran makanan atau lifestyle seperti kompetitornya.

"Fokus kami transportasi, kami sudah ada beberapa kota di Surakarta dan Yogyakarta kami ada delivery logistik, dan kami ada pick up, mobil box juga," ujar Imam.

Jadi siapa yang akan diuntungkan?

Plus-Minus Munculnya Ojol Rusia Penantang Grab-Gojek

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com