Prabowo Rutin 'Sowan' ke Para Menko

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 03 Jan 2020 22:30 WIB
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendatangi kantor Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sore ini. Menurut dia, kedatangannya dilakukan untuk mempererat koordinasi antar kementerian.

Prabowo menyebut dirinya memang berkala melakukan koordinasi antar kementerian, khususnya dengan menteri-menteri koordinator (menko).

"Saya berkala koordinasi sama Menko-Menko. Menko ekonomi Polhukam ke pak Luhut juga. Kerja sama harus baik," ungkap Prabowo di kantor Luhut, Jakarta Pusat, Jumat (3/1/2020).

Dalam pertemuan ini salah satu pembahasan yang dilakukannya dengan Luhut adalah soal penanganan Laut Natuna.

"(Penanganan Natuna) Di antaranya dari banyak masalah yang kita bahas," ujar Prabowo.


Sebelumnya, dikabarkan kapal Coast Guard China masuk ke Perairan Natuna. Hal tersebut membuat pemerintah geram.

Kementerian Luar Negeri pun telah merilis siaran pers pada Rabu (1/1/2020), isinya adalah bantahan atas klaim China. Indonesia kembali menegaskan penolakannya terhadap klaim historis China di Perairan Natuna. Menurutnya, klaim China adalah klaim sepihak (unilateral).

"Klaim historis RRT atas ZEEI dengan alasan bahwa para nelayan China telah lama beraktivitas di perairan dimaksud bersifat unilateral, tidak memiliki dasar hukum dan tidak pernah diakui oleh UNCLOS 1982," kata Kemlu dalam siaran pers berjudul 'Demi NKRI: RI Kembali Tegaskan Tolak Klaim Unilateral RRT atas ZEE Indonesia'.



Simak Video "Covid-19 di Bali Meningkat, Luhut Batasi Kunjungan Turis"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)