Membandingkan Kekuatan Militer AS dan Iran, Siapa Paling Kuat?

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 08 Jan 2020 14:53 WIB
Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta - Usai Komandan Pasukan Quds di Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, dibunuh Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak, hubungan kedua negara ini pun semakin membara, bahkan masing-masing pejabat dari kedua negara itu saling bertukar ancaman.

Ancaman yang dilayangkan AS-Iran mengenai aksi balas dendam dengan mengerahkan kekuatan militernya masing-masing. Namun lebih kuat mana militer AS atau Iran?

Dilansir metro.co.uk, Rabu (8/1/2020), yang mengutip Global Fire Power menempatkan pasukan Donald Trump berada di posisi utama atau yang paling kuat, sedangkan Iran berada di posisi 14 dari 137 negara. Global Fire Power merupakan laman peringkat militer.

Peringkat militer Iran yang berada di posisi 14 tidak bisa dipandang remeh oleh AS, pasalnya Iran memiliki jaringan sekutu yang kuat dan dianggap sebagai ancaman besar bagi negeri Paman Sam. Berikut perbandingan kekuatan militer AS dengan Iran:


Kekuatan Militer Iran

Iran diperkirakan memiliki 523.000 personel aktif pada angkatan darat, laut, udara. Tetapi dengan populasi lebih dari 83 juta penduduk, pemerintah Iran bisa menarik lebih banyak pasukan yang berasal dari tenaga kerja jika dibutuhkan. Tenaga kerja yang berpotensi ada sekitar 47.324.105 orang.

Dari sisi anggaran, alokasinya mencapai US$ 6,3 miliar. Kekuatan daratnya terdiri dari 8.577 tank tempur, roket, kendaraan tempur lapis baja, artileri. Kemudian kekuatan udara, mulai dari pesawat tempur dan helikopter ada 512. Sedangkan kekuatan lautnya, Iran memiliki 398 kapal, mulai dari kapal selam dan kapal perang ranjau.

Iran juga memiliki 12 rudal jarak pendek dan menengah. Bahkan sebuah laporan Departemen Pertahanan AS menyebut pasukan rudal Iran merupakan yang terbesar di Timur Tengah.


Kekuatan Militer AS

AS diakui seluruh negara sebagai negara yang memiliki kekuatan militer nomor satu di dunia. Kekuatannya jauh lebih kuat daripada Iran. Personel militer AS sebanyak 1.281.900 orang dan bisa bertambah mencapai 144.872.845 orang.

AS mengalokasikan anggaran pertahanan sebesar US$ 716 miliar. AS memiliki jumlah rudal lebih sedikit dibanding Iran, namun rudal yang dimiliki negeri Paman Sam ini lebih canggih.

Donald Trump memiliki 48.422 kendaraan perang yang terdiri dari tank tempur, roket proyektor, artileri, hingga kendaraan tempur lapis baja. Sedangkan di sisi udara, AS saat ini memiliki 10.170 alat tempur dan di laut memiliki 425 armada tempur.

Simak Video "Iran Minta Bantuan Interpol Tangkap Trump, AS: Terlihat Bodoh!"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)