Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Jan 2020 15:09 WIB

Daftar Daerah yang Dijangkau Subsidi Pesawat Perintis

Nurcholis Maarif - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Direktorat Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan penandatanganan kontrak tender di bulan Januari untuk subsidi pesawat perintis penumpang, perintis kargo, angkutan udara kargo, dan angkutan BBM kargo dan penumpang tahun 2020.

Sampai saat ini sudah ada 18 koordinator wilayah (korwil) angkutan udara yang sudah menandatangani kontrak tender. Antara lain Timika, Nabire, Sumenep, Wamena, Tarakan, Gn Sitoli, Dabo Singkep, Dekai, Timika, Manokwari, Kuala Pembuang, Samarinda, Sorong, Langgur, Masamba, Tanah Merah, Ternate, dan Merauke.

Sebanyak 14 korwil di antara 18 korwil, baru menandatangani kontrak hari ini Kamis (9/1/2020) di Kantor Ditjen Perhubungan Udara. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan akan ada 4 korwil lagi yang melaksanakan tanda tangan tender di bulan Januari ini, yaitu korwil Sinabang, Masamba, Waingapu, dan Elelim.


Polanga mengatakan, anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk subsidi angkutan udara pesawat perintis sebesar Rp 500 miliar. Adapun permintaan subsidi diajukan lewat pemerintah daerah setempat.

"Kita melanjutkan subsidi perintis yang sudah dilakukan juga tahun lalu. Tahun ini dipercepat mulai dari kontraknya. Ini sesuai arahan presiden untuk meratakan pembangunan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar, dan perbatasan," ucapnya.

Sementara untuk data subsidi perintis penumpang ada 188 rute dan 20 korwil; perintis kargo ada 27 rute dan 5 korwil; angkutan udara kargo ada 1 rute dan 1 korwil; dan terakhir angkutan BBM kargo (drum) dan penumpang dengan rincian jumlah drum ada 8.471 penumpang dan 2.191 kargo serta jumlah korwil ada 9 penumpang dan 3 kargo.



Simak Video "Kemenhub Minta Tiket Pesawat ke Bali, Sulut, dan Kep. Riau Didiskon"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com