Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 11 Jan 2020 20:10 WIB

Ini Dia PR Besar Calon Bos Garuda Pilihan Erick Thohir

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Isal Mawardi/detikcom) Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir sudah mengantongi calon direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, termasuk direktur utama (dirut). Rencananya, calon-calon bos Garuda Indonesia diumumkan pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 22 Januari 2020.

Sebelum resmi mengumumkan, perlu diketahui ada banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh sosok Bos Garuda yang baru. Pengamat BUMN sekaligus peneliti senior di Visi Integritas Danang Widoyoko mengatakan PR yang harus diselesaikan manajemen baru adalah memperbaiki neraca keuangan.

"Bagaimana memperbaiki neraca keuangan," kata Danang saat dihubungi detikcom, Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

Menurut Danang, jajaran direksi baru Garuda Indonesia juga setelah dipilih harus mampu menyusun target kinerja setiap tahunnya. Sehingga jajaran direksi baru Garuda bisa terpantau dan terukur dengan jelas oleh pemegang saham.


Alasannya, Garuda Indonesia merupakan perusahaan pelat merah yang tidak lepas dari syarat kepentingan politik hingga intervensi.

"Jadi ada ukuran yang jelas, meminimalkan titipan. Misalnya setahun laporan keuangan membaik, kerugian turun, jadi ada strategi mengurangi kerugian," ujarnya.

Salah satu strategi memperbaiki neraca keuangan yang harus dilakukan jajaran direksi baru nantinya bisa negosiasi utang dan kontrak pembelian pesawat. Selanjutnya, PR yang harus diselesaikan adalah menciptakan sistem pemberantas tindak korupsi di tubuh Garuda Indonesia.

"Menciptakan sistem di mana kemudian praktik-praktik korupsi dan pelanggaran itu bisa diminimalkan. Ini yang saya kira belum mendengar, artinya ketika direksi baru terpilih dia harus jelas komitmennya," katanya.

Mengenai latar belakang, Danang mengaku bisa berasal dari lingkungan pemerintah, BUMN, maupun swasta. Asalkan sosok Bos Garuda Indonesia ke depannya independen dalam hal ini berani melawan intervensi dan berintegritas tinggi.

Ini Dia PR Besar Calon Bos Garuda Pilihan Erick Thohir


(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com