Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 12 Jan 2020 22:00 WIB

Banyak yang Rugi, Pelaku Usaha Ini Justru Untung karena Banjir

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Ada yang dirugikan, ada pula yang diuntungkan dari dampak banjir di Jakarta awal tahun ini. Ada sejumlah usaha yang meraup omzet besar karena banjir.

Ketua Umum DPP Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan tidak semua pelaku usaha dirugikan dengan adanya banjir.

"Banjir pada umumnya akan merugikan dunia usaha dan warga pada umumnya, namun bagi usaha sektor tertentu dampak banjir ini meraup omzet yang cukup besar," kata Sarman dalam keterangan tertulis yang dikutip detikcom, Sabtu (12/1/2020).

Dikatakan Sarman, usaha yang meraup omzet besar saat banjir yaitu bengkel motor dan mobil, service elektronik, laundry, hingga jasa pembersih peralatan rumah tangga seperti karpet, sofa, hingga tempat tidur.


Selain itu, alat kebersihan juga laris di saat musim banjir. Seperti diketahui, korban banjir butuh peralatan kebersihan untuk membersihkan rumahnya dari bekas banjir.

"Industri mengalami permintaan yang tinggi seperti produsen spare part mobil/motor, oli, alat kebersihan (sapu, pengki, serokan, alat pel, selang, sikat lantai dll)," jelasnya.

"Juga makanan dan minuman seperti; beras, mie instan, minyak goreng, biskuit dan air mineral, termasuk restoran siap saji," tambahnya.



Simak Video " Penampakan Banjir di Jakarta Pagi Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com