Heboh Corona, Impor Bawang Putih dari China Masih Dibuka

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 07 Feb 2020 07:42 WIB
bawang putih china
Foto: istimewa

Impor Bawang Putih Harus Tekan Harga ke Rp 30.000/kg

Suhanto tak bisa menyebutkan kapan izin impor bawang putih akan terbit. Saat ini, Kemendag masih menunggu RIPH dari Kementan.

"(Kapan terbit) ke Kementan, menurut beliau sesegera mungkin. Kemendag yang jelas kalau ada RIPH pasti langsung mengeluarkan SPI (Surat Perizinan Impor)," tutur Suhanto.

Adapun volume impornya akan menyesuaikan kebutuhan. Suhanto tak merinci volume impornya, ia hanya menyebutkan kebutuhan Indonesia akan bawang putih per bulannya sekitar 47.000 ton.

"(Impor) sesuai kebutuhan. Kebutuhan secara nasional adalah per bulan 47.000 ton," ujar dia.

Suhanto mengakui harga bawang putih ini sudah melambung, sehingga ketika impor sudah terlaksana, harapannya harga bawang putih kembali normal di level Rp 30.000-35.000. "Ya harus (stabil). (Normalnya) sekitar Rp 30.000-35.000," imbuh Suhanto.

Kepada pengusaha bawang putih sendiri, ia mengimbau agar pasokan langsung dikeluarkan ke pasar, sehingga tak ada kekurangan yang dapat menyebabkan harga kian meningkat.

"Kami sedang mengimbau agar para pelaku usaha yang masih punya stok untuk segera gelontorkan bawang putihnya," pungkas dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hakim Tolak Praperadilan Eks Anggota DPR I Nyoman Dhamantra"
[Gambas:Video 20detik]