Ridwan Kamil Geram Pabrik Buang Limbah ke Citarum Malam-malam

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 07 Feb 2020 18:49 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kiri) didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (kiri) memberikan keterangan kepada awak media saat menggelar konferensi pers terkait penetapan tersangka dugaan kasus suap Meikarta yang melibatkan Sekda Jabar Iwa Karniwa di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/7/2019). Dalam keterangannya, Ridwan Kamil menunjuk Daud Achmad sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Jabar. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serius menindak pelaku pencemaran lingkungan di sungai Citarum. Dia menyebut sudah ada 51 kasus yang dibawa ke pengadilan.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga mengatakan bahwa modusnya pabrik-pabrik membuang limbah ke sungai saat malam hari.

"Pembuangan limbah yang buat kotor sungai Citarum biasanya pabrik-pabrik. Itu kadang-kadang dia nyuri malam hari buat buang limbah," ungkap Emil di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020).

Kemudian bagi pabrik yang ketahuan membuang limbah ke sungai akan ditutup saluran airnya oleh Pemprov Jabar. Merasa tak cukup, akhirnya Emil membawa masalah ini ke meja hijau.

"Kita kalau kasih peringatan tiga kali nggak mempan ya dicor aja, tapi itu kan selalu jadi dinamika. Makanya, pengolahan limbah udah kita gugat ke pengadilan," ungkap Emil.

Hingga kini sudah ada 51 kasus pencemaran lingkungan yang digugat ke pengadilan oleh Kang Emil.

"Sudah ada 51 kasus di pengadilan, kami gugat kasus pencemar lingkungan ke pengadilan," jelas Kang Emil.

Ridwan Kamil Geram Pabrik Buang Limbah ke Citarum Malam-malam


Simak Video "Menagih Janji Ridwan Kamil Ubah Kalimalang Ala Sungai di Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)