Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 08 Feb 2020 14:00 WIB

Jakarta Banjir, Akses ke Mal Kena Imbasnya

Soraya Novika - detikFinance
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir Foto: Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Hujan deras mengguyur Jakarta dan wilayah sekitarnya sejak semalam hingga pagi tadi, menyebabkan banjir di sejumlah titik. Beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta pun terkena imbasnya.

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo mengungkapkan setidaknya ada 4 pusat perbelanjaan di Jakarta yang terkena imbas banjir kali ini.

"Ada 4 mal terdampak, satunya lagi Lotte Grosir Kelapa Gading," ungkap Budihardjo kepada detikcom, Sabtu (8/2/2020).

Adapun keempat mal yang terdampak banjir kali ini adalah Mall Artha Gading, Mall Kelapa Gading, Mall of Indonesia, dan Sports Mall Kelapa Gading.

Keempat mal tersebut dipastikan tidak dimasuki genangan banjir, hanya saja akses ke mal-mal tersebut tertutup karena banjir.


"Keempat mal itu listriknya tidak sampai dipadamkan, dan masih tetap beroperasi hari ini, genangan pun tidak sampai masuk kedalam. Hanya akses ke mal dan toko-toko di sepanjang jalannya yang putus, jadi ngak bisa masuk ke mal itu," tambahnya.

Menurutnya, dari kelima pusat perbelanjaan yang terdampak banjir tersebut, yang sempat mengalami pemadaman listrik hanya Lotte Grosir Kelapa Gading.

"Kecuali Lotte Grosir, listriknya sempat padam karena sempat masuk genangan, sekarang sih sudah surat dan listriknya pun sudah nyala," tuturnya.

Sejak hujan deras tadi malam, PLN memang langsung memadamkan listrik di sejumlah wilayah demi keselamatan jiwa masyarakat.

"Sebanyak 128 gardu listrik terdampak, 37 gardu listrik sudah menyala dan 91 gardu listrik masih padam," ujar Humas PLN Disjaya, Dita Artsana kepada detikcom, Sabtu (8/2/2020).

Adapun beberapa wilayah di Jakarta yang masih padam yaitu Pasar Minggu, Rawajati, Binawarga, Pengadegan, Pulo Gadung, Kayu Putih, Pulo Mas, Cempaka Putih, Kemayoran, Pulogadung, Condet, Tanah Rendah, Kampung Pulo, Teluk Permata, Bintara Jaya.


Demi keselamatan bersama, PLN mengimbau masyarakat tetap waspada.

"Himbauan kepada masyarakat apabila wilayahnya mulai tergenang air, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah segera matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB), kedua cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman, empat apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123 atau kantor PLN terdekat dan meminta untuk dipadamkan," imbaunya.

Setelah banjir surut pun, masyarakat diminta tetap berhati-hati, utamanya memastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering saat hendak dinyalakan kembali.

"PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik," pungkasnya.



Simak Video "Kelapa Gading Terendam Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com