Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Feb 2020 17:46 WIB

Corona Merebak, Penerbangan Internasional di Soetta Kena Imbasnya

Soraya Novika - detikFinance
Dirut AP II  Muhammad Awaluddin bahas Bandara Kualanamu Dirut PT Angkasa Pura II M. Awaluddin/Foto: Soraya Novika/detikcom
Tangerang -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah resmi menunda penerbangan dari dan ke China, sejak Rabu (5/2/2020). Penerbangan dari dan ke China tersebut efektif ditunda atau diberhentikan hingga waktu yang belum ditentukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

Atas kebijakan itu, PT Angkasa Pura II (Persero) mengakui adanya penurunan lalu lintas (traffic) penerbangan internasional Bandara Soekarno-Hatta.

"Ada (penurunan) itu yang di pergerakan maskapai internasional, turun kurang lebih 1%, persisnya 1,49% atau 1,5%," ujar Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (10/2/2020).

Menurut Awaluddin penurunan traffic tersebut tak terlalu signifikan. Pasalnya, penyumbang lalu lintas penerbangan terbesar masih berasal dari domestik.


"Tidak terlalu signifikan, karena penerbangan kita masih didominasi penerbangan domestik, apalagi di Bandara Soeta (Soekarno Hatta) itu bisa mencapai 78%-80% domestik, penerbangan internasional hanya 20%-22%, untuk hal tertentu paling sampai 25%, jadi penurunan penerbangan internasional hanya 1%-1,5% dan selalu tertutupi dengan penerbangan domestik yang 78%-80%," pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah rata-rata lalu lintas penerbangan di bandara Angkasa Pura II rata-rata tercatat sekitar 1.200 penerbangan per harinya, yang 80% di antaranya merupakan penerbangan domestik. Sisanya, merupakan penerbangan internasional.

Sebelum virus corona merebak, rata-rata traffic penerbangan dari dan menuju China tercatat mencapai sekitar 126 penerbangan per minggu atau sekitar 14-16 penerbangan per hari. Semenjak diberlakukan kebijakan tersebut, seluruh penerbangan dari dan ke China pun dihentikan total kecuali penerbangan tidak langsung.



Simak Video "Terminal 1B dan 2F Bandara Soekarno-Hatta Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com