Tiket Kereta Mudik Lebaran Hampir Ludes Terjual

Arbi Anugrah - detikFinance
Jumat, 06 Mar 2020 09:53 WIB
Stasiun KA Purwokerto, Daop V
Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Purwokerto -

PT KAI (Persero) mulai menjual tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 2020 sejak H-90. Banyak masyarakat yang akan mudik lebaran mulai berburu tiket kereta api.

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan berdasarkan kalender nasional, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 24-25 Mei 2020. Sedangkan tiket mudik mulai H-10 sampai H-1 Lebaran masih didominasi oleh KA dari Jakarta dan Bandung menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, termasuk KA yang berakhir di Daop 5 Purwokerto.

Namun demikian KA yang diberangkatkan dari Daop 5, baik yang ke arah Jakarta atau Bandung maupun ke arah Jawa Timur, mulai tanggal 26 Mei 2020 rata-rata sudah habis terjual dari total 7.304 kursi yang tersedia.

"Dari pantauan kami, KA KA pemberangkatan Daop 5 menuju arah Jakarta atau Bandung dan Jawa Timur, mulai tanggal 26 Mei 2020 rata-rata sudah habis," kata Supriyanto dalam keterangan tertulisnya, Jum'at (6/3/2020).

Sementara KA Logawa tujuan Jawa timur sudah terjual habis mulai tanggal 21 Mei hingga 2 juni 2020. Kemudian KA Serayu pagi dan sore, mulai tanggal 26 Mei sudah terjual 95%.

KA Sawunggalih pagi dan malam, KA Kutojaya Utara, mulai tanggal 27 Mei-2 Juni 2020 rata-rata sudah terjual 96%. KA Kutojaya Selatan, tanggal 26 Mei-3 Juni sudah terjual 96-100%.

"Sedangkan untuk KA Wijayakusuma, Sancaka Utara tujuan Jawa timur mulai dibeli Masyarakat juga," ucapnya.

Berikut 13 KA reguler keberangkatan di wilayah Daop 5 Purwokerto dengan kapasitas tempat duduk sekitar 7.304 kursi. KA tersebut adalah:

1. KA Purwojaya relasi Cilacap - Gambir pp
2. KA Sawunggalih pagi, relasi Kutoarjo - Pasarsenen pp
3. KA Sawunggalih malam, relasi kutoarjo - pasarsenen pp
4. KA Logawa, relasi Purwokerto - Jember
5. KA Kutojaya Utara, relasi kutoarjo- Jakarta kota pp
6. KA Kutojaya Selatan, relasi kutoarjo - Kiaracondong pp
7. KA Serayu pagi, relasi Purwokerto - Kiaracondong - Pasarsenen pp
8. KA Serayu malam, relasi Purwokerto - Kiaracondong - Pasarsenen pp
9. KA Wijayakusuma, relasi Cilacap - Surabaya - Banyuwangi pp
10. KA Kamandaka, relasi Purwokerto - Semarang
11. KA Joglosemarkerto, Purwokerto - Semarang
12. KA Joglosemarkerto, relasi purwokerto - Semarang - solo
13. KA Sancaka Utara, relasi Kutoarjo - Solo - Surabaya Pasar Turi.

KAI mengimbau kepada masyarakat agar merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2020. Selain itu tidak memaksakan diri apabila tiket sudah habis, apalagi sampai menerima penawaran dari orang yang tidak bertanggung jawab (calo).

"KAI juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,"jelasnya.

Tiket Kereta Mudik Lebaran Hampir Ludes Terjual


Simak Video "Hore! Ada Promo Diskon Tiket Kereta Api Sambut HUT ke-75 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(arb/ara)