Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 06 Mar 2020 11:29 WIB

Mau Naik Pesawat di Tengah Wabah Corona? Ini Tipsnya Biar Aman

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) resmi melayani penerbangan internasional, Senin (1/5/2017). Garuda Indonesia jadi maskapai pertama yang melayani penerbangan rute luar negeri di terminal yang sebelumnya bernama Terminal 3 Ultimate tersebut. Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Virus corona saat ini sudah hampir menyebar ke seluruh negara. Virus ini juga menyebabkan sejumlah penerbangan dibatalkan untuk mencegah penyebaran virus. Berikut tips aman naik pesawat di tengah wabah virus corona.

Sebelum naik pesawat, sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu, membawa cairan pembersih tangan, tisu hingga obat-obatan tambahan. Selain itu, asuransi juga penting untuk dibawa. Kemudian memeriksa secara rutin laman lembaga kesehatan untuk mendapatkan informasi terkini tentang perjalanan.

Profesor kesehatan masyarakat dan pediatri University of California Jonathan Fielding menjelaskan masyarakat tidak akan pernah tahu kota atau tempat mana saja yang tiba-tiba ditutup untuk pencegahan virus corona.

Selanjutnya, pihak bandara biasanya meningkatkan pencegahan dengan menyediakan cairan pembersih tangan atau tisu basah pembersih tangan. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran dari kuman yang biasanya menempel di layar counter check in, pegangan eskalator, meja food court, toilet hingga tempat duduk.

Maskapai saat ini juga sangat aktif dalam menginformasikan terkait virus corona dan pembersihan pesawat untuk beberapa rute. Misalnya American Airlines, saat ini meningkatkan intensitas pembersihan pada setiap pesawat rute penerbangan internasional.

"Langkah ini agar pesawat kami tetap bersih, kami membersihkan permukaan seperti meja dan sandaran tangan," tulis maskapai dalam sebuah pernyataan resmi.

Kemudian Alaska Airlines juga membersihkan ekstra pada sandaran tangan, sabuk pengaman, ventilasi udara, tombol lampu, interior pesawat dan toilet.

Namun masyarakat juga harus membawa bekal pembersihan untuk diri sendiri. Misalnya tisu basah antiseptik, masker hingga cairan pembersih tangan.

Mau Naik Pesawat di Tengah Wabah Corona? Ini Tipsnya Biar Aman


Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com