Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Mar 2020 11:28 WIB

Masih Ada 13 Juta WP Belum Lapor SPT Pajak

Hendra Kusuma - detikFinance
Pelaporan SPT Pajak Foto: Tim Infografis, Nadia Permatasari
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat masih ada sekitar 13 juta wajib pajak (WP) yang sudah menyampaikan SPT Tahunan dari target sebanyak 19 juta.

Dirjen Pajak Suryo Utomo mengatakan sudah ada 6,2 juta WP yang melaporkan SPT Tahunan yang termasuk WP orang pribadi (OP) dan badan.

"Posisi 9 Maret kemarin, bahwa SPT yang sudah disampaikan dan diterima 6,2 juta SPT. Meningkat 34% dari tahun kemarin di hari sama tanggal sama, kami kumpulkan SPT 4,7 juta," kata Suryo di kantornya, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Dari total pelaporan SPT yang sudah diterima DJP, Suryo menyebut lebih banyak yang melakukan secara elektronik atau online dibandingkan manual.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan jumlah WP yang yang melaporkan SPT secara manual mengalami penurunan drastis. Dirinya pun mengaku senang lantaran pelaporan SPT sudah mudah diakses oleh masyarakat.

"Dari 6,27 juta tersebut, hanya 262.360 orang yang bayar masih manual. Jadi manual itu datang ke kantor pajak, isi dan melakukan pergi ke bank dan balik lagi untuk lapor SPT," kata Sri Mulyani.

"Ini turun cukup drastis dari 333.453 yang juga bayar manual, artinya makin banyak WP pribadi sekarang itu bayarnya melalui e-filing, atau menggunakan online. Dan berarti mereka tidak harus bayar ke kantor pajak," tambahnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berharap sekitar 13 juta WP ini segera menyampaikan SPT agar tidak terjadi penumpukan pelaporan di akhir bulan. Adapun batas pelaporan untuk wajib pajak (WP) orang pribadi (op) sampai akhir Maret, dan WP badan sampai akhir April. Pelaporan SPT Tahunan wajib bagi seluruh masyarakat yang memiliki penghasilan di atas Rp 54 juta dalam setahun.

"Saya sebagai Menteri Keuangan, bendahara negara sampaikan terima kasih ke 6,2 juta WP OP yang sudah serahkan SPT dan bayar pajak. Diharapkan, bisa diikuti WP OP lain sehingga akhir bulan ini dapatkan keseluruhan WP OP yang diharapkan masih tetap meningkat," ungkapnya.

Masih Ada 13 Juta WP Belum Lapor SPT PajakFoto: Tim Infografis, Nadia Permatasari


Simak Video "Pamer Saldo ATM, Billy Syahputra Nggak Takut Diperiksa Ditjen Pajak"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com