Erick Thohir Tinjau Pengawasan Virus Corona di Bandara Soetta

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 11 Mar 2020 10:25 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di Bandara Soekarno-Hatta
Foto: Anisa Indraini/detikcom
Tangerang -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir hari ini meninjau pemeriksaan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Pengecekan dilakukan untuk memastikan kesiapan bandara dalam menghadapi penyebaran virus corona.

Berdasarkan pantauan detikcom di Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, Rabu (11/3/2020), Erick tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam kunjungan kali ini, ia didampingi oleh Wakil Menteri (Wamen) BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Erick mengecek ruangan karantina kesehatan di bandara. Di dalam ruangan tersebut, ada peralatan seperti kapsul evakuasi untuk membawa penumpang yang dicurigai terinveksi virus corona dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas yang membawa pasien tersebut menuju rumah sakit.

Erick mengatakan, pemeriksaan deteksi virus corona pada Bandara Soetta mulai dari kedatangan sampai penanganan sudah siap.

"Kita ingin pastikan mereka kita jaga kesehatannya kita tidak ingin buat mereka panik. Tapi kalau ada indikasi kita bantu, bukan tindak. Kedatangan kita coba minimize risiko. Saya rasa karantina juga sudah ready," kata Erick di lokasi.

Erick menjelaskan, tidak banyak perubahan signifikan yang terjadi dalam pemeriksaan di Bandara Soetta. Namun ia mengatakan akan terus ditingkatkan untuk menjaga agar penyebaran virus corona tidak menyebar.

"Semaksimal mungkin kita tingkatkan agar ini tidak terus menyebar. Saya rasa perubahan signifikan tidak banyak terjadi karena jauh-jauh hari sudah dilakukan. Alhamdulillah (corona) tidak sebesar SARS tapi bukan berarti kita menganggap remeh tingkatkan kewaspadaan," sebutnya.



Simak Video "Erick Thohir Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pulih 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)