Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 24 Mar 2020 12:07 WIB

Pengusaha Tekstil Minta Diskon Tarif Listrik, Ini Kata Erick Thohir

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
erick thohir Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pengusaha tekstil meminta pemerintah agar memberikan keringanan berupa diskon tarif listrik. Sebab, bisnis mereka terpukul karena virus corona.

Menanggapi hal tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kebijakan ini ada di Kementerian Keuangan.

"Saya rasa kalau kalau bicara stimulus secara besar nanti kan kebijakannya ada di Menteri Keuangan kita tidak bisa parsial," kata Erick dalam teleconference, Selasa (24/3/2020).

Yang pasti, kata Erick, saat ini dirinya telah meminta bank BUMN untuk menurunkan bunga untuk UKM. Bukan hanya itu, pihaknya juga telah menyusun skema untuk meringankan beban pengusaha yang industrinya terdampak.

"Tapi yang sudah pasti, perusahaan BUMN diminta, nomor satu, bank-bank BUMN ini pasti turunkan suku bunga UKM. Kita sudah tulis surat kepada Presiden, dan tembuskan Bu Sri Mulyani sudah ada scheme-scheme-nya," katanya.

"Bahkan kita juga sudah buatkan scheme perusahaan-perusahaan yang jelas industrinya terkena hari ini, ada hotel restoran dan lain-lain. Itu sudah ada. Nanti tunggu keputusan," ujarnya.

Kembali masalah listrik, Erick kembali meminta agar menunggu kebijakan pemerintah.

"Kalau masalah listrik, Telkom segala itu nanti kita tunggu kebijakan. Yang pasti dalam kondisi seperti kita mengerti kesulitan para pengusaha," ujarnya.

Sebelumnya, pengusaha tekstil dan produk tekstil (TPT) meminta pemerintah meringankan beban mereka di tengah dampak corona. Para pengusaha meminta penundaan pembayaran tarif listrik selama 6 bulan. Selain itu, pengusaha tekstil juga meminta diskon tarif listrik pada jam-jam tertentu, misalnya pukul 22.00-06.00 waktu setempat.

"Sektor energi, percepatan penurunan harga gas ke US$ 6/MMBTU mulai April 2020. Penundaan pembayaran tarif PLN 6 bulan ke depan dengan cicilan berupa giro mundur 12 bulan. Pemberian diskon tarif beban idle untuk pukul 22 malam sampai jam 6 pagi," kata Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa.



Simak Video "Detik-detik Kabel Listrik di Panglima Polim Jaksel Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com