Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Mar 2020 16:55 WIB

Sumbangan Alkes dari China Mulai Disalurkan

Danang Sugianto - detikFinance
Polisi menggerebek sebuah rumah yang menimbun masker di Bandung. Selain menimbun, rumah sekaligus pabrik masker daur ulang yang merupakan bekas pakai orang. Foto: Dony Indra Ramadhan
Jakarta -

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) melakukan koordinasi sumbangan alat-alat kesehatan (alkes) dari Tiongkok untuk pengendalian dan penanganan wabah Covid-19 di Indonesia.

Koordinasi itu dilakukan juga bekerja sama dengan Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI). Alat-alat kesehatan yang datang dari Tiongkok itu berjumlah sekitar 40 ton.

Alat-alat kesehatan itu diangkut menggunakan pesawat jenis Boeing 777 dari Garuda Indonesia dan dijadwalkan tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada hari Kamis malam, 26 Maret 2020.

"Beberapa perusahaan asal Tiongkok yang memiliki investasi di Indonesia berinisiatif memberikan sumbangan alat-alat kesehatan untuk membantu proses penanganan dan pengendalian wabah COVID-19. Bantuan alkes ini adalah bukti hubungan baik antara kedua negara dan juga wujud kepedulian terhadap wabah COVID-19 yang kita tahu merupakan tantangan semua negara di dunia hari ini," jelas Juru Bicara (Jubir) Menko Marves, Jodi Mahardi, dilansir dalam keterangan resmi, Kamis (26/3/2020).

Seperti diketahui, saat Tiongkok dihadapkan pada kondisi darurat pada Januari hingga Februari lalu, pemerintah Tiongkok menerima bantuan peralatan medis dari puluhan negara dan berbagai organisasi internasional. Sekarang setelah kasus penularan baru di sana turun drastis, Tiongkok mulai aktif mengalihkan sumber daya yang dimiliki dengan mengirimkan berbagai bantuan ke negara-negara lain yang sedang kewalahan menghadapi wabah COVID-19.

Negara-negara yang menerima bantuan dari Tiongkok tersebut antara lain Jepang, Spanyol, Italia, hingga Irak. Indonesia termasuk salah satu negara yang mendapatkan bantuan dari Tiongkok.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com