Sri Mulyani: Tak Semua Sektor Negatif Gara-gara Corona

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 06 Apr 2020 17:19 WIB
Sri Mulyani di AS
Foto: Dana Aditiasari
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut tidak semua sektor industri merugi di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Menurut dia, ada beberapa sektor usaha yang bisa untung.

"Ada sektor yang diperkirakan jadi winner atau loser," kata Sri Mulyani saat raker bersama Komisi XI DPR secara virtual, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Setidaknya ada tujuh sektor usaha yang mengalami keuntungan di tengah pandemi virus corona ini. Seluruh sektor usaha itu adalah industri tekstil dan produk dari tekstil; kimia, farmasi dan alat kesehatan; makanan dan minuman; elektronik; jasa telekomunikasi; dan Jasa Logistik.

"COVID timbulkan dampak negatif di semua negara, tapi tidak semua sektor alami negatif," ujarnya.

Sedangkan yang usahanya bakalan rugi adalah pariwisata, konstruksi, transportasi darat, laut dan udara, pertambangan, keuangan serta otomotif.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) maupun pertanian dikategorikannya diantara losers dan winners.

Menurut Sri Mulyani pengelompokan sektor usaha ini memberikan kemudahan bagi pemerintah menerbitkan kebijakan-kebijakan yang dibutuhkan oleh sektor usaha tersebut. Sehingga bisa meminimalisir dampak negatif terhadap ekonomi

"Ini jadi fokus perhatian pemerintah untuk formulasikan kebijakan apa yang bisa dilakukan untuk ciptakan mitigasi dari risiko krisis kesehatan ini menjadi krisis ekonomi dan keuangan," ungkapnya.



Simak Video "Sri Mulyani Akui APBN Syok Akibat Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)