Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Apr 2020 11:00 WIB

Jangankan THR, Bayar Gaji Saja Pengusaha Mulai Kesulitan

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi THR Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Dunia usaha benar-benar terpukul dengan adanya pandemi COVID-19. Sebab imbas dari penyebaran virus Corona membuat pemasukan mereka seret. Di saat yang bersamaan pengusaha dihadapi tuntutan untuk membayar tunjangan hari raya (THR) ke karyawan dalam waktu dekat.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menjelaskan bahwa banyak perusahaan yang jangankan untuk membayar THR, memberikan gaji ke karyawan saja mulai kesulitan. Sebab sebagian perusahaan sudah tidak punya pemasukan, ditambah hampir tidak ada lagi dana cadangan.

"Sudah susah (buat bayar gaji). Sudah dari bulan Maret itu sudah mulai kesulitan ya karena cash flow-nya nggak ada, nggak ada revenue (penghasilan), gimana mau bayar. Kan nggak ada uang masuk. Nggak ada uang masuk dan kebanyakan perusahaan nggak punya cadangan yang cukup," kata dia saat dihubungi detikcom, Kamis (9/4/2020).

Oleh karena itu pengusaha pun kebingungan jika masih harus dituntut membayar THR sesuai yang diatur oleh pemerintah. THR akan tetap dibayar tapi dengan penyesuaian keuangan perusahaan, entah dicicil atau ditunda dulu.

"Jadi itu sudah kebanyakan yang memang sudah nggak sanggup (bayar gaji). Jadi kalau nanti disuruh tuntut THR ya kembali ke cashflow ya. Kalau cash flow-nya nggak ada, apa yang mau dibagi," ujarnya.

Apakah Liverpool gagal menjadi juara lagi?

Kondisi tersebut pun sudah disampaikan ke Kementerian Ketenagakerjaan. Dirinya menjelaskan bagaimana kesulitan yang dihadapi dunia usaha.

"Itu yang sudah saya sampaikan ke Kemnaker sih ini situasinya gini lho di lapangan. Kan kita kemarin juga video conference dengan berbagai sektor. Memang sih nggak semuanya tapi yang masih mampu kecil banget gitu lho. Kebetulan yang mampu itu masih punya cash inflow. Nah itu masih bisa lah. Tapi kalau yang sama sekali sudah tutup kan susah," tambahnya.



Simak Video "Menaker Ingatkan Perusahaan Bayar THR Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com