Sudah Ada 1,65 Juta Karyawan Kena PHK karena Corona

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 13 Apr 2020 13:46 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh program bantuan masyarakat dalam rangka penanggulangan dampak COVID-19 segera direalisasikan. Hal itu penting lantaran sudah ada 1,65 juta pekerja yang sudah di-PHK yang disebabkan pandemi ini.

Hal itu disampaikan Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan hasil rapat terbatas dengan Jokowi dan para menteri tentang Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19.

"Menyangkut masalah sosial, dari beberapa laporan yang disampaikan menteri terdapat sekitar 1,65 juta warga negara kita yang telah di-PHK dan dirumahkan. Sehingga Bapak Presiden menugaskan untuk segera diberikan Kartu Pra Kerja," tuturnya melalui konferensi virtual, Senin (13/4/2020).

Program Kartu Pra Kerja sendiri seharusnya sudah berjalan proses pendaftaran. Namun beberapa kali pendaftaran awal diundur lantaran kendala teknis.

Selain Kartu Pra Kerja, Jokowi juga meminta seluruh program bantuan masyarakat dilakukan minggu ini. Mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sosial langsung, kartu sembako maupun kartu sembako Jabodetabek.

"Dan juga segera dimulai minggu ini program bantuan sosial yang melalui sosial safety net. Sehingga masyarakat terdampak terutama di Jabodetabek bisa segera mendapatkan dukungan. Terutama bantuan sembako dari Kemensos," tambah Doni.

Jokowi, lanjut Doni, juga menginstruksikan agar memperhatikan TKI yang ada di Malaysia. Dia ingin agar para TKI di Malaysia tidak kekurangan bahan pangan.



Simak Video "Jokowi Minta Pengusaha Jangan PHK Karyawan di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)