Asyik! Insentif Kartu Pra Kerja Cair Awal Pekan Depan

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 17 Apr 2020 11:36 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)

Ada empat perusahaan mitra yang melayani proses pembayaran insentif program Kartu Pra Kerja. Mulai dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, LinkAja, OVO, dan GoPay. Mantan Menteri Perindustrian ini mengatakan para peserta diberikan kebebasan memilih salah satu perusahaan pembayaran tersebut.

"Yang memilih itu individual, jadi peserta Pra Kerja dia memilih pelatihannya apa, dia memilih pelatihan melalui platformnya siapa di situ ada semua, kemudian dia pun memilih mau bayarnya pakai virtual account-nya yang mana. Jadi seluruhnya diserahkan kepada pemegang Kartu Pra Kerja, pemerintah tidak mencampuri di situ," jelasnya.

Terkait kecurigaan publik seolah telah terjadi nepotisme dan konflik kepentingan dalam penunjukan mitra pelatihan Ruangguru dalam program berbujet Rp 20 triliun tersebut, dia tegas menepisnya. Seperti diketahui CEO Ruangguru adalah Adamas Belva Syah Devara yang saat ini menjadi salah satu Staf Khusus Presiden Jokowi.

Menurut Airlangga semua digital platform yang menjadi mitra sudah dikurasi oleh pemerintah. Bahkan, pemerintah pun sudah mengundang semua digital platform di Indonesia.

"Tetapi yang dikurasi ada 198 lembaga dan itu menjadi mitra dari program Kartu Pra Kerja dan dengan delapan platform," ungkap dia.



Simak Video "Rp 71,2 M Dana Sudah Mengalir Buat 29 Ribu Penerima Prakerja di Pulau Nias"
[Gambas:Video 20detik]

(hek/ara)