Pemerintah Diminta Bantu Pengusaha Subsidi Gaji Karyawan

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 17 Apr 2020 15:34 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pemerintah diminta untuk menaruh perhatian yang lebih besar lagi kepada pengusaha. Jaring pengaman sosial yang sudah disiapkan pemerintah untuk masyarakat kecil diharapkan juga disiapkan untuk pengusaha.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN, Eddy Soeparno. Menurutnya bantuan kepada pengusaha diperlukan untuk mengurangi bagai PHK yang kemungkinan timbul begitu besar karena wabah COVID-19 menghentikan roda dunia usaha.

"Secara mendadak mesin ekonomi kita berhenti secara total. Akibatnya angka pengangguran baik yang di-PHK, maupun yang mendapatkan cuti sementara dan tidak dibayar gajinya akan meningkat. Sekarang masalahnya yang sudah disebut Kemenaker 2,8 juta pekerja yang terkena dampaknya, baik yang dirumahkan, menerima gaji sebagian, maupun di-PHK," tuturnya dalam Diskusi Online DPP PAN secara virtual, Jumat (17/4/2020).

Oleh karena itu, menurut Eddy pemerintah seharusnya memberikan perhatian yang lebih besar lagi kepada pengusaha. Sebab dampak negatif yang kemungkinan terjadi adalah badai PHK.

Eddy sendiri menyambut baik keputusan pemerintah yang menyiapkan Rp 405,1 triliun untuk menangani COVID-19 berikut juga dengan dampaknya. Meskipun angka itu masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan negara tetangga.

Selanjutnya
Halaman
1 2