Meriang Terjangkit Corona, ASDP Bisa Rugi Sampai Rp 478 M

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 29 Apr 2020 16:08 WIB
ASDP
Foto: ASDP (istimewa/ASDP)
Jakarta -

Imbas virus Corona, PT ASDP Ferry Indonesia memprediksi kerugian besar. Paling buruk ASDP mengatakan pihaknya bisa rugi hingga Rp 478 miliar.

Dirut ASDP Ira Puspadewi mengatakan bahwa pihaknya membuat 3 kemungkinan kerugian imbas dari virus Corona. Bila Corona selesai Mei kemungkinan pihaknya hanya merugi Rp 68 miliar, kalau sampai Agustus bisa Rp 291 miliar.

Paling buruk pihaknya bisa merugi Rp 478 miliar bila Corona mewabah sampai akhir tahun ini.

Pada skenario pertama sampai Mei hasil stress test kami merugi Rp 68 miliar, lalu skenario dua jika berlangsung sampai Agustus kami akan rugi Rp 291 miliar. Skenario ketiga kalau sampai akhir tahun maka akan rugi Rp 478 miliar,

ASDP sendiri mencatatkan penurunan penumpang orang, baik yang pejalan kaki maupun dengan kendaraan. Hal ini lah yang memicu ASDP merugi. Terlebih lagi kini ada larangan mudik yang tidak membolehkan angkutan penyeberangan penumpang.

"Untuk per hari ini maka produksi udah turun semua, jadi penumpang yg mengalami penurunan terbesar. Penumpang dan pejalan kaki dan roda dua turun 30%, roda empat atau lebih termasuk logistik turun 14%," jelas Ira.

Hingga sekarang Ira mengatakan pihaknya masih mengandalkan keuntungan di kuartal I Rp 68 miliar untuk tetap beroperasi. Dengan asumsi tanpa pemasukan sama sekali dia mengatakan pihaknya hanya bisa bertahan sampai Juni 2021 saja.

"ASDP hanya bisa hidup kurang lebih hingga pertengahan Juni 2021, jika asumsinya kami tidak mendapatkan cash in sama sekali. Tapi saya pikir tidak terjadi kalau tidak dapat cash in sama sekali karena logistik tetap jalan," papar Ira.



Simak Video "Kasus Aktif Covid-19 Indonesia di Bawah Rata-rata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)