Sederet Modus Nakal Orang-orang yang Nekat Mudik Terkuak

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 08 Mei 2020 12:36 WIB
Polisi panjat truk cek penyelundupan pemudik
Foto: Polisi panjat truk cek penyelundupan pemudik (Kadek Melda)
Jakarta -

Pemerintah telah melarang mudik, namun nyatanya masih banyak masyarakat yang nakal tetap mencoba untuk mudik. Kementerian Perhubungan mengungkap modus-modus pelanggaran yang dilakukan para pemudik nakal yang berhasil ditindak di lapangan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan salah satu modus yang muncul adalah modus bus yang berjalan seperti tanpa penumpang. Padahal di dalamnya ditemukan penumpang yang bersembunyi.

Dalam salah satu kasus bus berjalan seperti tidak ada penumpangnya semua lampu di dalam kabin dimatikan. Setelah dicek oleh petugas, ternyata ada 5 orang yang bersembunyi di dalam bus, 1 orang lainnya bersembunyi di toilet bus.

"Modus bus tanpa penumpang. Diamankan bus yang tetap jalan dengan modus tanpa penumpang, dan ditemukan 5 penumpang rebahan, 1 orang di toilet dan lampu dimatikan seolah tidak ada penumpang," ungkap Adita dalam keterangannya, Jumat (8/5/2020).

Kemudian Adita juga menjabarkan petugas juga menemukan modus travel plat hitam, para penyedianya menawarkan jasa lewat sosial media. Ada juga modus pemudik yang mengganti pelat kendaraannya dengan pelat mobil kedinasan.


Bahkan, Adita menyampaikan petugas juga dilaporkan sempat menemukan pemudik yang membawa obat-obatan terlarang.

"Travel pelat hitam yang beriklan di media sosial bisa bawa mudik. Lalu ada modus mobil pribadi berpelat dinas, dan calon pemudik melakukan tindak pidana dengan membawa obat-obatan terlarang," jelas Adita.

klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Beragam Modus Pemudik Hindari Pemeriksaan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]