McDonald's Bisa Kembali ke Sarinah? Erick Thohir Menjawab

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 08 Mei 2020 20:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta -

Restoran cepat saji McDonlad's memutuskan hengkang dari Gedung Sarinah Jalan Thamrin, Jakarta Pusat karena pihak pengelola memutuskan untuk melakukan renovasi. Nantinya, Sarinah akan menjadi markas khusus untuk kuliner hingga produk merek Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir sendiri tak mempermasalahkan tudingan kebijakannya ini tidak pro bisnis.

"Yang namanya kebijakan pasti pro kontra yang penting nawaitu, niatnya kita. Kita membangun brand lokal, desainer lokal. Kalau ada ada pihak asing mendukung more than welcome tadi yang kita bilang ada trading spacenya," ujarnya di Kementerian BUMN Jakarta Pusat, Jumat (8/5/2020).

Lantas, apakah McDonald's punya peluang untuk kembali ke Sarinah? Erick memberi sinyal peluang kembali, namun dengan syarat.

"Mohon maaf, kalau McDonald's di situ nanti mau buka kita cariin lokasi. Tapi kita minta 50% konten lokal, kopinya, boleh dong ya kita coba lah. Yang namanya produk lokal, nggak bisa, tidak didukung," ujarnya.

Produk luar sendiri sebenarnya ada ruang di area duty free. Namun, Erick melancarkan strategi untuk menyisipkan produk lokal di dalamnya.

"Kita mengharapkan semua lokal brand, tapi yang duty free shop orang asing pasti beli dong kita coba menyusupi yang di duty free shopnya ya, bukan tempat UKM, desainer Indonesia. Pasti akan kita sisipi produk lokal," ujarnya.



Simak Video "BUMN Tunjuk Timses Jokowi-Influencer Jadi Komisaris Pelat Merah"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)