Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 10 Mei 2020 05:00 WIB

Sarinah Minta McDonald's hingga KFC Tutup, Permanen?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Potret Gedung Sarinah yang Akan Direnovasi

Pusat perbelanjaan Sarinah yang dibangun pada tahun 1963 ini bakal direnovasi dan dijadikan pusat kerajinan Indonesia untuk pariwisata dan mendukung UMKM lokal. Bakal jadi seperti apa ya? Gedung Sarinah (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Manajemen Sarinah telah meminta McDonald's untuk menutup gerainya dalam rangka renovasi besar-besaran pusat perbelanjaan milik negara tersebut. Menurut keterangan McDonald's Indonesia, gerai pertamanya di Indonesia yang telah beroperasi selama 30 tahun tersebut akan tutup secara permanen besok, Minggu, 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB.

Tak hanya McDonald's, Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengungkapkan pihaknya juga telah meminta tenant lain seperti KFC, Masterpiece KTV, The Atjeh Connection, Gokana Ramen & Teppan, Gora Coffee & Eatery untuk menutup gerainya secara permanen.

"Ada McDonald's, KFC, Gokana, Masterpiece, The Atjeh Connection, Gora, dan gerai-gerai perbankan yang ada di sana sementara waktu kita harapkan untuk tutup," jelas Gusti ketika dihubungi detikcom, Sabtu (9/5/2020).

Menambahkan Gusti, Direktur PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati menjelaskan, secara keseluruhan ada 34 penyewa di Sarinah. Keseluruhan penyewa tersebut diminta tutup sesuai dengan rencana perusahaan merombak Gedung Sarinah untuk menjadikannya sebagai markas UMKM.

"Sebagai bagian dari transformasi Sarinah yang juga melibatkan renovasi gedung Sarinah. Ada 34 tenant yang menyewa (diminta tutup)," jelas Fetty ketika dihubungi detikcom secara terpisah.

Berikut 34 tenant yang akan ditutup untuk perombakan Sarinah:
1. Telekomunikasi 1 tenant
2. Money changer 1 tenant
3. Restoran, food and beverage 13 tenant
4. Salon 2 tenant
5. Tailor 1 tenant
6. Supermarket dan minimarket 2 tenant
7. Airline ticketing 1 tenant
8. Refleksi 1 tenant
9. Hiburan 2 tenant
10. Perbankan dan ATM 10 tenant

Tak hanya itu, Fetty mengungkapkan, 475 mitra yang menjajakan produknya di department store Sarinah juga telah diminta untuk menutup lapaknya demi proses renovasi gedung Sarinah. Para mitra tersebut juga diberlakukan kebijakan yang sama, yakni dapat bergabung kembali jika memenuhi syarat yang ditentukan, seperti menyediakan konten lokal.

"Mitra consignment juga akan tutup selama renovasi dan untuk bergabung kembali setelah renovasi akan sama policy-nya dengan tenant di luar department store bahwa mereka bisa bergabung kembali mengikuti ketentuan baru yang berlaku saat ini," ujar Fetty.

Fetty mengatakan, seluruh tenant dan juga mitra department store Sarinah diberi batas waktu untuk tutup hingga akhir Mei 2020. Adapun tanggalnya diserahkan pada masing-masing manajemen. Sebagai informasi, untuk McDonald's sendiri sudah memutuskan menutup gerainya di Sarinah secara permanen mulai Minggu (10/5) pukul 22.05 WIB.

"Kalau dari pihak Sarinah batas waktu pengosongan tempat adalah akhir Mei 2020. Namun tanggal persisnya diserahkan kepada masing-masing tenant. Mitra consignment pun akan mengosongkan lokasi counter-nya sesuai waktu yang sudah dijadwalkan selama renovasi," tutup Fetty.

Bagaimana dengan nasib pegawai dari tenant-tenant tersebut?

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com