Tak Boleh Jual Tiket Pesawat, Ini Permintaan Agen Travel

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 13 Mei 2020 14:40 WIB
Tiket Pesawat Murah Tak Setiap Hari
Foto: Tiket Pesawat Murah Tak Setiap Hari (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Penerbangan domestik telah dibuka kembali. Akan tetapi agen travel tetap tak diizinkan menjual tiket pesawat kepada calon penumpang lantaran terganjal Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara Nomor 31 Tahun 2020 Tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara Selama Masa Dilarang Mudik Idul Fitri 1441 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Semua airlines tidak bisa di-issued di travel agent. Dengan kata lain tiket harus di-issued di kantor airlines. Kami sudah complain ke airlines namun airlines mengatakan ini sesuai dengan Surat Kemenhub (SE No.31 Tahun 2020)," kata Vice President Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Anton N. Sumarli kepada detikcom, Rabu (13/5/2020).

Menurut Anton kebijakan itu merugikan pihak agen travel sebab membuat bisnis ini tak bisa mendapatkan penghasilan sama sekali ditambah lagi banyaknya uang deposit agen travel yang masih mengendap di pihak maskapai penerbangan termasuk uang refund kepada penumpang.

"Ini sangat merugikan teman-teman travel agent. Karena travel agent masih memiliki banyak uang deposit (top up) di airlines dimana sampai saat ini uang tersebut mati di airlines. Dengan dibukanya penerbangan kembali sebetulnya menjadi harapan buat kami travel agent untuk bisa mencairkan uang deposit kami di airlines. Namun, dengan kebijakan di atas, kami tetap tidak bisa menggunakan deposit kami. Kalaupun tamu mau issued di travel agent kami pun tetap harus menggunakan LG cash yang tetap dibayar ke airlines by cash. Tentu ini sangat tidak fair dan merugikan," tuturnya.

Untuk itu, pihaknya meminta maskapai agar dapat segera mengembalikan uang refund kepada penumpang dan mencairkan top up deposit tersebut kepada pihak agen travel.

"Harapan kami airlines bisa mencairkan deposit kami, karena di situ juga ada uang refund penumpang, kami harus balikkan uang itu ke customer," imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya juga berharap pemerintah bisa berlaku adil dengan membuka kesempatan pada agen travel untuk dapat kembali menjual tiket ke penumpang.

"Harapan kami dari Travel Agent adalah fair. Kalau memang penerbangan boleh kembali dibuka, at least travel agent juga bisa melakukan penjualan. Bukan hanya di-lock di kantor airlines saja," tutupnya.



Simak Video "Mulai Besok, Diskon Tiket Pesawat Hingga 50% Sudah Berlaku!"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)