Produsen Chip Terbesar Bangun Pabrik di AS Rp 177 T

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 15 Mei 2020 10:50 WIB
Pabrik pupuk
Ilustrasi Pabrik
Jakarta -

Produsen chip terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Ltd. (TSMC) mengumumkan akan membangun pabrik chip canggih di Arizona, Amerika Serikat (AS).

Pembangunan diperkirakan akan menelan biaya sekitar US$ 12 miliar atau setara dengan Rp 177,6 triliun (kurs Rp 14.800/US$).

Dilansir dari Reuters, Jumat (15/5/2020), TSMC mengatakan pabrik ini akan menghasilkan banyak lapangan pekerjaan baru. Jika pabrik sudah terbangun, akan menciptakan 1.600 pekerjaan dan menghasilkan chip 5 nanometer paling canggih.

Proses 5 nanometer yang dipakai untuk memproduksi chip 5G ini merupakan penerus dari teknologi pabrikasi 7 nanometer sebelumnya. Proses 5 nanometer ini membuat chip bisa berukuran lebih kecil dan lebih efisien dalam hal penggunaan daya.

Sekadar informasi, TSMC adalah perusahaan yang memproduksi chip untuk perusahaan seperti Apple, MediaTek, dan Qualcomm. Perusahaan yang berbasis di Taiwan itu menyebut rencana pembangunan akan dimulai pada 2021. Sedangkan untuk bisa berproduksi ditargetkan mulai 2024.



Simak Video "Merasa Ditipu, Nasabah Laporkan Fikasa Group ke Polda Metro Jaya "
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)