Ini Bocoran Skema New Normal di Transportasi Umum

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 27 Mei 2020 17:50 WIB
Imbauan memakai masker di angkutan umum telah digalakkan sejak penerapan PSBB. Hingga kini para penumpang KRL pun tertib dengan imbauan tersebut.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

New normal atau kondisi normal yang baru di tengah virus Corona sedang hangat diperbincangkan. Bahkan, hal ini pun sudah digaungkan pemerintah di tengah wabah yang belum surut di Indonesia.

Lalu, bagaimana skema new normal yang akan diterapkan pada sarana transportasi?

Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Sigit Irfansyah mengatakan bahwa kemungkinan new normal di transportasi darat akan dilakukan dengan pengurangan kapasitas penumpang.

"Kalau memang new normal diterapkan misal di angkutan darat akan bicara soal load factor-nya, nggak akan penuh," kata Sigit dalam diskusi online MTI, Rabu (27/5/2020).

Sigit juga mengatakan operasional di simpul transportasi alias terminal juga akan berubah di tengah kondisi new normal. Dia menyebutkan bahwa upaya-upaya digitalisasi akan lebih banyak didorong salah satunya adalah transaksi dengan sistem cashless.

"Bagaimana kalau simpul, nah simpul juga gitu kita dorong cashless untuk mempercepat. Misal dulu bus AKAP susah sekali, orang maunya transaksi di terminal, transaksi langsung, ke depan dengan kondisi ini akan cashless," jelas Sigit.

Berlanjut di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Ini Aturan New Normal bagi Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]