Dukung UMKM, Luhut: Pejabat Harus Beli Produk Lokal!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 17:50 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan cara pemerintah untuk mendorong pembelian produk UMKM. Salah satunya dengan mengoptimalkan anggaran negara.

Luhut meminta dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, dalam paket pengadaannya bisa menggunakan barang-barang UMKM.

"Kita berupaya jaga konsumsi domestik yang jadi pilar utama perekonomian, utamanya melalui produk UMKM. Pemerintah harus jadi contoh dengan optimalkan realisasi anggaran paket pengadaan pemerintah sebesar Rp 321 triliun bagi UMKM," kata Luhut dalam acara launching kampanye Bangga Buatan Indonesia yang disiarkan Kemenperin di akun YouTubenya, Rabu (1/7/2020).

"Dari total Rp 738 triliun pada tahun 2020 melalui sistem belanja APBN dan LKPP," lanjutnya.

Kemudian Luhut mengajak para pejabat pusat maupun daerah untuk bisa jadi contoh masyarakat dalam membeli produk lokal. Khususnya dalam kebutuhan pribadi.

"Selain itu, setiap pejabat pusat dan daerah harus nyata menunjukkan keberpihakan dan jadi role model untuk beli produk dalam negeri untuk kebutuhan pribadinya," ungkap Luhut.

Soal kampanye Bangga Buatan Indonesia sendiri, Luhut menjelaskan bahwa gerakan ini bisa mengakselerasi putaran ekonomi dan meningkatkan keberpihakan pada produk lokal. Kampanye ini juga diharapkan mampu meningkatkan penggunaan barang produksi dalam negeri.

"Gerakan ini adalah bentuk akselerasi putaran ekonomi dan meratakan pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga untuk meningkatkan keberpihakan kita terhadap produk lokal," papar Luhut.

"Melalui gerakan ini pemerintah juga dorong peningkatan penggunaan produksi dalam negeri," katanya.



Simak Video "Luhut: Laju Penyebaran Covid-19 Menurun 7 Hari Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)