5 Ciri Jamur Enoki Asal Korsel yang Dilarang Kementan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 02 Jul 2020 13:20 WIB
Jamur Enoki Asal Korsel
Foto: Jamur Enoki Asal Korsel (Istimewa/Kementan)
Jakarta -

Sebanyak 8,1 ton jamur enoki yang diimpor dari Green Co Ltd. Korea Selatan (Korsel) telah ditarik dan dimusnahkan. Jamur tersebut ditemukan terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes dan dapat menyebabkan penyakit listeriosis.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) menegaskan, jamur enoki yang diproduksi oleh negara lain, selain Korea Selatan aman dikonsumsi. Adapun jamur enoki yang masih beredar di Indonesia dan dipastikan aman dikonsumsi ialah dari China.

"Saat ini kita bisa aman mengonsumsi jamur enoki yang bukan produksi Korea Selatan," tegas Agung dalam konferensi pers di kantor Kementan, Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Meski begitu, jamur enoki asal Green Co Ltd. Korsel itu ditemukan masih beredar di e-commerce. Berikut ciri-ciri jamur enoki produksi Green Co Ltd. Korsel yang perlu dicatat:

1. Kemasan Bermerek GREENCO

Jamur enoki produksi Green Co Ltd. Korsel itu dikemas dengan merek GREENCO. Agung mengatakan, jamur enoki itu dikemas dalam ukuran 200 gram.

2. Kemasan Berwarna Cokelat

Warna kemasan jamur enoki produksi Green Co Ltd. Korsel ini yang dimusnahkan BKP ialah berwarna cokelat. Namun, berdasarkan hasil penelusuran detikcom, kemasan jamur enoki produksi Green Co Ltd. Korsel ini juga ada yang berwarna hijau.

Buka halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waspada! Ini Gejala Infeksi Bakteri Listeria Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]