Sepeda Lagi Hype, Bisnis Ini Bisa Dilirik

- detikFinance
Kamis, 02 Jul 2020 20:15 WIB
sepeda
Foto: Anisa Indraini/detikcom
Jakarta -

Bersepeda atau gowes kini jadi salah satu sarana olahraga yang kembali diminati. Sehingga, tak heran penjualan sepeda pun jadi naik gila-gilaan.

Lalu, selain sepeda, bisnis apa yang cocok untuk dijajal di tengah momentum tersebut?

Menurut Pakar Marketing Hermawan Kartajaya, ada bisnis lain yang bisa dicoba memanfaatkan kondisi saat ini yakni menjual aksesoris sepeda. Mulai dari helm sepeda, sarung tangan, gembok sepeda dan lain sebagainya.

"Ya aksesorisnya (aksesoris sepeda) toh," kata Hermawan kepada detikcom, Kamis (2/7/2020).

Meski begitu, penting bagi pebisnis yang ingin mulai jual aksesoris sepeda lebih dulu mempelajari populasi pengguna sepeda tersebut. Menurutnya, pengguna sepeda terbagi kepada 3 segmen utama yaitu segmen kesehatan, segmen fashion atau tren dan segmen ekonomis. Pilihlah aksesoris sepeda yang paling banyak populasinya.

"Harus melihat dari populasinya, amati saja populasi paling banyak itu dari mana, segmen kesehatan kah, fashion kah atau ekonomi. Kalau menurut saya segmen tren itu lebih gede ya dari kesehatan," paparnya.

Walaupun penjualan sepeda bersifat situasional, akan tetapi, menurut Hermawan penjualan aksesoris sepeda tidak akan pernah benar-benar merugi.

"Tidak apa-apa lanjutkan saja, walaupun penjualan sepedanya turun, populasinya kan masih besar, jual aksesoris itu enak sebenarnya, tidak ada matinya, kalau bosen sama sepedanya tinggal tambah aksesoris," pungkasnya.



Simak Video "Suka Bersepeda? Sederet Aplikasi Ini Bisa Membantumu"
[Gambas:Video 20detik]
(Soraya Novika/dna)