Sederet Cara Dapatkan Modal Buat Buka Usaha

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Minggu, 05 Jul 2020 11:15 WIB
tourist budget for holidays in Indonesia. favorable exchange rates for the dollar to Indonesian rupees.
Foto: iStock
Jakarta -

Memiliki modal menjadi salah satu masalah dalam memulai usaha. Meski sudah memiliki rencana yang bagus untuk membuka usaha, semua tidak bisa berjalan kalau tidak ada modal.

CEO Investor Muda Jason Gozali menjelaskan beberapa cara bagi para wirausaha untuk dapat modal memulai usahanya. Cara yang pertama adalah mencari permodalan dengan memberikan langsung proposal ke pemilik modal. Misalnya mau membuka startup, bisa mencoba lewat institusi venture capital.

"Kalau bisnis butuh modal, salah satu cara buat mendapatkannya adalah lewat banyak institusi venture capital, tinggal submit aja dicoba siapa tahu ada investor yang mau modalin," ungkap Jason dalam talk show bersama BNPB yang ditayangkan di YouTube, ditulis Minggu (5/7/2020).

Meminjam uang juga jadi opsi untuk dapat modal. Jason menyarankan meminjam uang bisa langsung ke orang terdekat, orang tua, keluarga, ataupun teman. Pasalnya, untuk meminjam ke bank, tak semua bisnis bisa diterima bank.

"Bisa juga pinjam, lebih baik ke orang tua, family, and friend, kan kalau bank susah juga ya. Nggak semua bisnis bisa diterima bank," ujar Jason.

Jason juga bercerita, bisa saja seorang wirausaha negosiasi dengan beberapa supplier. Kemudian melakukan sistem konsinyasi, menjual barang tanpa modal, kalau barang laku baru mendapatkan bagi hasil.

"Saya juga punya banyak kisah, kalau teman saya bisa jualan sesuatu sistem konsinyasi. Jadi supplier percaya sama dia, dikasih barangnya ke teman saya tanpa modal, barang laku baru bagi hasil," papar Jason.

Sementara itu, menurut Nadhifa Maulidiya seorang pelaku UMKM pembuat masker mengatakan dirinya memulai usaha dengan bermodalkan uang tabungannya. Dia mengatakan butuh sedikit nekat juga untuk memulai usaha dengan bermodalkan tabungan pribadi.

"Modal saya nggak banyak, semua pakai hasil tabungan aja, plus nekat aja lah. Pelan-pelan kan ada pemasukan. Apalagi kalau produksi pertama banyak yang minat ya kan kita tingkatkan produksi, berarti pemasukan nambah lagi," jelas Nadhifa.



Simak Video "Tips Jadi Pengusaha Sukses di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)