Hati-hati! Jangan Asal Terima Bantuan dari Orang Asing Saat di ATM

Angga Laraspati - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 14:39 WIB
Ilustrasi ATM
Foto: shutterstock
Jakarta - Pernah dengar tidak cerita tentang orang asing yang menawarkan bantuan untuk mengambil uang selama berada di ATM? Kalau pernah denger sebaiknya lebih berhati-hati bila hal tersebut terjadi. Tawaran bantuan dari orang asing tersebut bisa saja adalah salah satu modus untuk menukar kartu ATM dengan memanfaatkan kelengahan korbannya.

Oknum pelaku yang biasanya seseorang atau bisa saja berkelompok mengambil kesempatan pada saat calon korbannya panik karena mesin ATM tidak berfungsi dengan baik. Kejadian ini sudah sering terjadi di berbagai daerah dengan modus yang bervariasi.

Modus ini umumnya dilakukan secara terencana, dan biasanya pelaku sudah memanipulasi mesin ATM sehingga kartu nasabah mengalami kendala saat akan melakukan transaksi. Tentunya, ini akan membuat orang yang memakai mesin ATM terlihat panik dan juga bingung. Di saat inilah, si pelaku yang berada di dekat mesin ATM atau masuk dalam antrean, mulai berpura pura menawarkan bantuan kepada pemilik kartu.

Biasanya si pelaku akan langsung mendekat dan dengan baik hatinya menawarkan bantuan untuk mengoperasikan ATM tersebut. Namun, dibalik kebaikan tersebut ada maksud lain yang tersembunyi. Dengan mengalihkan perhatian pemilik kartu, oknum pelaku bermaksud menukar kartu ATM yang dimiliki oleh korban dengan kartu ATM serupa tanpa disadari si korban.

Dari sinilah perbuatan tak terpuji tersebut dijalankan, pelaku akan meminta korbannya untuk memasukan PIN kartu ATM miliknya, pastinya PIN yang dimasukkan akan selalu salah bukan? Tapi dari situlah sang pelaku bisa mengetahui PIN milik si korban dengan cara mengintip PIN yang dimasukan oleh korbannya sebelumnya. Kemudian, dengan berbekal PIN dari korban, pelaku dapat dengan mudahnya memakai kartu ATM korbannya dan memasukan PIN yang benar. Alhasil, uang yang ada di dalam rekening akan ludes diambil oleh sang predator.

Lalu, bagaimana sih caranya biar terhindar dari modus ini? Nah, BCA punya tipsnya nih, antara lain.

Jangan Panik dan Tetap Waspada

Seperti yang sudah diketahui tadi, para pelaku bakal mengincar orang-orang yang panik karena mesin ATM-nya tidak berfungsi dengan baik. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik dan tetap waspada dengan mesin ATM yang digunakan, perhatikan hal-hal yang mencurigakan, dan jangan lakukan transaksi di ATM tersebut.

Jangan Terima Bantuan dari Orang Asing

Bila ATM yang digunakan bermasalah jangan langsung terima saja bantuan dari orang lain, karena hal tersebut bisa saja langkah awal dari modus tukar kartu ATM ini. Bila mesin ATM tersebut memang sudah tidak bisa digunakan, ada baiknya untuk langsung keluar! Karena lebih baik mencari tempat lain daripada uang di rekening terbang diambil orang lain.

Jangan Berikan Kartu ATM ke Siapapun

Jika memang ada orang lain yang ingin membantu, jangan berikan kartu ATM ke orang tersebut bila tidak ingin ditukar. Selain itu, perhatikanlah juga kartu ATM yang berada di mesin ATM agar tidak tertukar ataupun diambil orang lain.

Tutup PIN

Biasakanlah juga untuk merahasiakan nomor PIN bila tidak ingin ada orang lain yang mengintip PIN tersebut. Selalu tutup tombol untuk memasukan PIN agar tetap aman dan uang di dalam rekening tetap utuh.

Pastikan Kartu ATM Aman Sebelum Meninggalkan Mesin

Jika merasa kartu ATM bermasalah coba pastikan dulu, dengan menelpon customer service dari bank terkait. Teruntuk para nasabah BCA, bila memang kartu ATM bermasalah bisa langsung menghubungi Halo BCA 1500888, nantinya tim Halo BCA akan langsung membantu menginformasikan kartu ATM tersebut, bahkan nasabah juga bisa langsung memblokir kartu ATM-nya.

Penting untuk menjadi Generasi Anti Modus yang selalu waspada akan modus-modus yang kerap terjadi kali ini. Jagalah selalu PIN kartu ATM dan jangan sekali-sekali biarkan kartu ATM berpindah tangan bila tidak ingin uang di dalam rekening hilang! Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di sini.

Simak Video "Mau Tipu Kapolsek, Pelaku Modus Ganjal ATM di Bogor Jadi Tersangka!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)