Penggerak Aksi Boikot Facebook Kecewa Usai Bertemu Zuckerberg, Why?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 08 Jul 2020 11:13 WIB
Mark Zuckerberg
Penggerak Aksi Boikot Facebook Kecewa Usai Bertemu Zuckerberg, Why?
Jakarta -

Kelompok hak-hak sipil dan aktivis yang menggerakkan aksi boikot iklan di Facebook bertemu dengan CEO Mark Zuckerberg Selasa kemarin untuk membahas tuntutan para pemboikot yang sekarang sudah melibatkan ratusan merek. Namun pertemuan itu sepertinya tidak membuat situasi membaik.

"Pertemuan yang baru saja kami tinggalkan adalah kekecewaan," kata Presiden Color of Change, Rashad Robinson dilansir CNN, Rabu (8/7/2020).

Pertemuan itu berlangsung selama lebih dari satu jam dan dilakukan melalui Zoom. Pertemuan dihadiri oleh Zuckerberg, COO Sheryl Sandberg, Chief Product Officer Chris Cox, dan anggota tim kebijakan Facebook.

Kelompok aktivis media dan salah satu penyelenggara kampanye #StopHateForProfit mengatakan Facebook masih belum bertindak secara serius untuk menanggapi seruan boikot Facebook.

"Alih-alih berkomitmen untuk menghilangkan kebencian dan disinformasi di Facebook, para pemimpin perusahaan menyampaikan poin pembicaraan lama yang sama untuk mencoba menenangkan kami tanpa memenuhi tuntutan kami. Facebook datang ke pertemuan kami hari ini tidak lebih dari latihan PR," kata Co-CEO Free Press, Jessica Gonzalez.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Facebook Andy Stone mengatakan perusahaan telah menetapkan kebijakan baru yang menghapus lebih dari 200 organisasi supremasi kulit putih dari platform.

"Pertemuan ini adalah kesempatan bagi kami untuk mendengar dari penyelenggara kampanye dan menegaskan kembali komitmen kami untuk memerangi kebencian di platform kami. Mereka ingin agar Facebook bebas dari kebencian dan begitu juga kami," kata pernyataan itu.

Daftar panjang bisnis seperti The North Face, Pfizer (PFE) dan Levi Strauss (LEVI), telah bergabung dalam kampanye atas penanganan jejaring sosial tentang ujaran kebencian dan informasi yang sesat. Perusahaan yang berpartisipasi dalam protes telah bersumpah untuk menarik iklan mereka dari Facebook dan Instagram setidaknya untuk bulan Juli.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]