Bedanya Pengamanan Bandara Sebelum dan Setelah Corona Melanda

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 10 Jul 2020 12:26 WIB
Kemenhub membuka kembali layanan penerbangan domestik di Bandara Soekarno Hatta. Awak kabin pun kembali sibuk melayani penerbangan terbatas untuk rute domestik.
Suasana di Bandara Soekarno Hatta (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

PT Angkasa Pura II (Persero) terus meningkatkan protokol kesehatan demi menggerakkan kembali sektor penerbangan nasional guna mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Seluruh protokol kesehatan dijalankan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II sesuai dengan Surat Edaran (SE) atau peraturan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan. Di saat bersamaan, perseroan juga meningkatkan aspek keamanan di bandara guna pencegahan COVID-19.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan sebelum ada pandemi virus Corona, keamanan di bandara hanya fokus pada ancaman kriminalitas, terorisme dan ancaman lainnya atau disebut physical security.

"Di saat kondisi normal, aspek keamanan bandara fokus melakukan apa yang disebut dengan Physical Security. Personel di bandara menjaga akses publik dan akses terbatas di bandara (Access Protection), lalu melakukan pemeriksaan terhadap calon penumpang pesawat guna memastikan tidak ada benda berbahaya di pesawat (Security Screening), dan melakukan profiling untuk menemukan ancaman (Profiling Intelligence)," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Jumat (10/7/2020).

Pada fase new normal di tengah pandemi ini, kapasitas keamanan bandara diperluas dengan dijalankannya Bio-Security seperti menjaga jarak, menyediakan fasilitas tanpa sentuh, hingga memastikan kebersihan karyawan dan pengunjung yang masuk bandara.

"Di tengah kebiasaan baru atau new normal, keamanan bandara diperluas sehingga selain menjalankan Physical Security, bandara juga fokus pada Bio-Security guna memastikan adanya jaga jarak (Physical Distancing), pengawasan terhadap kesehatan (Health Screening), menyediakan fasilitas yang dapat berjalan tanpa sentuhan (Touchless Processing), memastikan kebersihan (Cleanliness & Sanitizing) dan memastikan kesehatan karyawan (People Protection)," jelasnya.

Buka halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ingin Terbang via Bandara Soetta? Penuhi Dulu Syaratnya!"
[Gambas:Video 20detik]