Freddy Widjaja Bikin Heboh, Gugat Warisan Rp 600 T Sinar Mas

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 15 Jul 2020 10:18 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Freddy Widjaja, salah satu anak mendiang pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja, tiba-tiba bikin heboh. Ia menggugat hak waris/wasiat atas kepada lima saudara tirinya atas harta warisan dari ayah mereka.

Nilainya fantastis, mencapai lebih dari Rp 600 triliun. Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia Sabtu, 26 Januari 2019 silam, dalam usia 98 tahun. Bisnis raksasanya kini diteruskan oleh anak-anaknya.

Berdasarkan catatan Wikipedia, Eka Tjipta diketahui memiliki 2 istri yang sah yakni Trini Dewi Lasuki dan Mellie Pirieh Widjaja.

Sementara Freddy merupakan anak dari anak Eka Tjipta dari pernikahan dengan Lidia Herawaty Rusli. Menurut Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto, Freddy Widjaja adalah anak dari luar kawin.

"Bahwa saudara Freddy Widjaja adalah anak luar kawin dari nyonya Lidia Herawaty Rusli. Bahwa yang bersangkutan telah mendapatkan hak bagiannya sebagai penerima wasiat sesuai dengan surat wasiat dari bapak Eka Tjipta Widjaja," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/7/2020).

Freddy Widjaja melayangkan gugatan ke saudara tirinya yaitu Indra Widjaja alias Oei Pheng Lian, Teguh Ganda Widjaja alias Oei Tjie Goan, Muktar Widjaja alias Oei Siong Lian, Djafar Widjaja alias Oei Piak Lian dan Franky Oesman Widjaja alias Oei Jong Nian.

Gugatan bernomor 301/Pdt.G/2020/PN Jkt.Pst itu diajukan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 16 Juni 2020 lalu. Sidang perdana sudah digelar pada 29 Juni dan sidang kedua pada Senin 13 Juli 2020.

Apa saja aset yang dipersoalkan Freddy Widjaja? Lihat di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2