Terungkap! Jokowi Berulang Kali Pesan Ini ke Menhub

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 15 Jul 2020 18:36 WIB
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan amanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan berkali-kali kepadanya. Hal tersebut adalah mengatur integrasi angkutan umum.

Budi Karya bercerita Jokowi ingin banyak kota besar, utamanya Jakarta, transportasi umumnya bisa terhubung dengan baik antar moda satu dengan yang lain.

Hal ini diungkapkannya saat memberikan sambutan dalam peluncuran sistem integrasi pembayaran transportasi umum Jabodetabek.

"Satu amanah Pak Presiden yang disampaikan berulang kepada saya, kita punya Jakarta, kita punya banyak kota besar. Maka dari itu, seyogyanya angkutan umum jadi keniscayaan. Kalau mau bicara angkutan umum ideal maka harus ada antar moda yang baik," kata Budi Karya dalam sambutannya yang disiarkan secara virtual, Rabu (15/7/2020).

Menurut Budi Karya selama ini masyarakat akan kesulitan apabila berpergian dengan berpindah moda transportasi harus menyediakan banyak kartu untuk pembayaran. Maka dari itu, semua akan dipermudah menjadi satu sistem pembayaran yang bisa digunakan di semua moda transportasi.

"Kita akan integrasikan semua moda yang ada, hari ini kita advance gunakan satu cara pembayaran yang satu. Saya diskusi sama pak Perry (Gubernur Bank Indonesia), bisa dibayangkan kalau kita pergi kemana-mana kartunya ada banyak bisa sampai lima, nah dengan sistem ini cukup satu kita bisa berkegiatan," ujar Budi Karya.

Yang jelas saat ini sudah terbentuk PT Jak Lingko Indonesia yang merupakan perusahaan patungan antara BUMN dan BUMD. Isinya ada PT MRT, PT Transjakarta, PT Jakpro dengan kepemilikan masing-masing 20% dan PT MITJ dengan kepemilikan 40%.

PT MITJ atau Moda Integrasi Transportasi Jakarta merupakan badan usaha patungan antara PT MRT dan PT KAI. Badan usaha ini akan melakukan pengelolaan dan pengoperasian beberapa kawasan transportasi terpadu di Jakarta.



Simak Video "Sembuh dari Corona, Budi Karya: Tanpa RSPAD, Kita Nggak Ketemu Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)