Terpopuler Sepekan

Ternyata RI Sudah Terapkan 'Redenominasi' Lho

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 18 Jul 2020 13:45 WIB
Redenominasi Batal di 2020
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis/Fuad Hasim
Jakarta -

Wacana penyederhanaan nominal rupiah atau redenominasi kembali bergulir. Wacana ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan 2020-2024. Redenominasi adalah penyederhanaan nominal rupiah dengan mengurangi tiga nol seperti dari Rp 1.000 menjadi Rp 1.

Redenominasi bukanlah wacana baru di Indonesia. Pemerintah berulang kali menyuarakan redenominasi sejak tahun 2011. Namun, hingga saat ini redenominasi belum berhasil diterapkan pada mata uang rupiah.

Akan tetapi, tanpa sadar 'redenominasi' sudah diterapkan di beberapa hal, terutama di pencantuman harga suatu produk. Misalnya saja di kafe-kafe ternama di Indonesia sudah menghilangkan tiga angka nol di daftar menunya.

Salah satu kafe yang menerapkan itu ialah Starbucks. Kafe asal Amerika Serikat (AS) yang punya banyak cabang di Indonesia sudah menghilangkan tiga nol di daftar menu dan harga dari produk-produknya.

Dari pantauan detikcom, Kamis (16/7/2020), di gerai Starbucks cabang Grand Indonesia, papan-papan menu yang dipajang di belakang kasir tercantum daftar produk beserta harganya yang tidak menggunakan tiga angka nol. Misalnya salah satu minuman yang dijajakan dengan harga Rp 53. Namun, tetap saja uang yang harus dibayarkan ialah Rp 53.000.

Tak hanya itu, gerai Kopi Kenangan cabang Grand Indonesia juga menerapkan daftar menu dengan menghilangkan 3 angka nol di harga-harga produknya. Misalnya menu minuman kopi yang dicantumkan dengan harga Rp 18 untuk ukuran reguler, dan Rp 24 untuk ukuran large.

Selanjutnya, gerai minuman Chatime di Grand Indonesia juga menerapkan 'redenominasi' di daftar harga produknya. Misalnya saja menu milk tea andalannya yang dicantumkan dengan harga Rp 24 untuk ukuran reguler, dan Rp 27 untuk ukuran large.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)