Sri Mulyani, Prabowo dan Anggaran Besar Alutsista RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 20 Jul 2020 06:28 WIB
Menkeu Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir bicara soal keberadaan Harley Davidson dan Brompton di pesawat Garuda. Menteri BUMN ungkap pemilik Harley itu.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Agung Pambudhy

Masih dalam anggaran alutsista, Prabowo menganggarkan dana untuk pemeliharaan dan perawatan untuk Alpung, KRI, Kal, Ranpur/Rantis darat sebanyak 143 unit sebesar Rp 3,19 triliun. Sementara itu, pemeliharaan/perawatan pesawat, senjata & almatsus lainnya sebanyak 228 unit sebesar Rp 5,10 triliun.

Dengan anggaran yang besar, Prabowo akan melakukan pengadaan alutsista untuk menambah kekuatan negara. Paling anyar dia belanja alutsista Rp 300 miliar dari Pindad, apa yang dibelinya?

Prabowo membeli alutsista berupa kendaraan taktis alias rantis dari Pindad. Hal ini diketahui saat Prabowo mengunggah foto dirinya menjajal rantis produksi Pindad, yang dinamakan Maung.

"Pada sore hari ini saya dan tim dari PT Pindad mencoba kendaraan Rantis 4X4 yang kami beri nama Maung," kata Prabowo, Minggu (12/7/2020).

Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengkonfirmasi bahwa Prabowo sudah berkomitmen untuk membeli rantis Maung produksinya. 500 unit Maung disebut bakal diborong Prabowo.

"Iya beli dan sudah komitmen 500 unit," katanya kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (13/7/2020).

Abraham menjelaskan, komitmen pembelian 500 unit Maung itu merupakan tahap pertama. Artinya ada kemungkinan Prabowo akan membeli lebih banyak lagi.

Maung sendiri harganya sekitar Rp 600 jutaan per unit. Jika dikalikan dengan jumlah unit yang dibeli pada tahap 1 maka total anggaran yang dikeluarkan Prabowo sekitar Rp 300 miliar.

Prabowo bukan cuma belanja alutsista berupa rantis Maung saja dari Pindad. Abraham mengaku sebelumnya Prabowo sudah membeli 4 miliar amunisi kaliber kecil produksi Pindad.

"Sebelumnya beliau sudah order ke Pindad juga 4 miliar amunisi kaliber kecil. Luar biasa Pak Menteri kita," tambah Abraham.

Selain itu, kata Abraham, Prabowo juga telah memesan 25 ribu pucuk senjata laras panjang dan pendek.

Halaman


Simak Video "Nasib Omnibus Law Kini di Tangan DPR"
[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)